Sabtu, 23 Desember 2017 16:10 WITA

4 Manfaat Terbaik Stroberi untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
4 Manfaat Terbaik Stroberi untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Stroberi merupakan salah satu buah beri paling populer di dunia, berkat aromanya yang khas, warna merah cerah, rasanya yang asam manis, dan teksturnya yang juicy.

Ternyata tidak hanya enak, buah ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Secangkir stroberi segar (152 gram) mengandung 49 kalori, 7 gram gula pasir dan 3 gram serat. Stroberi juga mengandung protein, vitamin C, mangan, folat, potasium, magnesium, vitamin K dan tidak mengandung lemak.

Dilansir dari Stylecraze, berikut manfaat stroberi untuk kesehatan:

1. Melindungi jantung
Kelimpahan antioksidan dan polifenol dalam stroberi menjadikannya makanan ideal untuk melindungi jantung Anda dari penyakit. Stroberi mengandung anthocyanin, yang melindungi lapisan sistem peredaran darah, sehingga melindungi arteri dari pembentukan plak dan mengatur tekanan darah.

Menurut Dr. Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung di Rumah Sakit Lenox Hill, New York City, wanita yang mengkonsumsi tiga atau lebih porsi buah beri (terutama stroberi) setiap minggu bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga sepertiga.

4 Manfaat Terbaik Stroberi untuk Kesehatan2. Mengatur tingkat gula darah
Stroberi juga mengandung asam ellagic, yang berfungsi mengendalikan kenaikan kadar gula darah pasca makan tepung. Ini juga membantu individu dengan diabetes tipe-2 menjaga kadar gula darah mereka tetap terkendali.

loading...

Stroberi juga memiliki indeks glisemik rendah (40), yang berarti tidak mungkin menyebabkan lonjakan gula tajam saat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat pada stroberi juga bisa membantu mengatur kadar gula darah.

3. Membantu melawan kanker
Stroberi adalah sumber vitamin C dan serat yang sangat baik, yang keduanya terbukti melindungi dari kanker kerongkongan dan usus besar.

Menurut American Institute for Cancer Research, sifat antikanker dari stroberi dapat dikaitkan dengan adanya asam ellagic, fitokimia yang dapat mencegah kanker pada kulit, paru-paru, kandung kemih, dan payudara.

4 Manfaat Terbaik Stroberi untuk Kesehatan4. Baik untuk kesehatan otak
Kandungan antioksidan yang tinggi pada satoberi melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga mengubah cara neuron di otak berkomunikasi satu sama lain. Pada akhirnya, ini bisa mengarah pada peningkatan kesehatan otak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Tufts University dan University of Maryland Baltimore County, mayoritas penyakit otak (termasuk Alzheimer dan Parkinson) disebabkan karena peningkatan jumlah protein beracun tertentu. Tapi konsumsi stroberi diyakini bisa mengurangi akumulasi protein ini.

Loading...
Loading...