Sabtu, 23 Desember 2017 08:31 WITA

7 Alasan Mengapa Mie Tidak Baik untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Alasan Mengapa Mie Tidak Baik untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Mie adalah makanan jajanan paling favorit, selain karena penyajiaanya yang instan, rasanya juga lezat.

Sayangnya, mie sangat rendah nutrisi. Mie mengandung kelebihan jumlah karbohidrat yang dikonversi oleh tubuh kita menjadi gula, yang jika tidak dimanfaatkan, akan tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Konsumsi banyak mie dikaitkan dengan kualitas diet yang buruk dan peningkatan risiko sindrom metabolik. Mie juga mengandung kadar lemak tinggi, kalori dan sodium dan dicampur dengan perasa buatan dan bahan pengawet.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengapa mie tidak baik untuk kesehatan!

7 Alasan Mengapa Mie Tidak Baik untuk Kesehatan

1. Rendah serat dan protein
Mie adalah makanan olahan, yang menyebabkan penambahan berat badan. Mereka juga rendah serat dan protein, yang tidak menjadikannya pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan dan tidak membuat Anda kenyang.

2. Menyebabkan sindrom metabolik
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang makan mi instan dua kali seminggu atau lebih, memiliki risiko lebih tinggi terkena sindrom metabolik daripada mereka yang makan kurang dari itu atau tidak sama sekali.

loading...

3. Menyebabkan kenaikan berat badan
Mie mengandung MSG (monosodium glutamat), aditif makanan biasa yang digunakan untuk meningkatkan rasa pada makanan olahan. Konsumsi MSG yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah, sakit kepala dan mual. 

4. Mengurangi asupan vitamin
Mie instan dikaitkan pengurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mie secara signifikan mengurangi asupan vitamin A, C, D, kalsium, fosfor, dan zat besi.

7 Alasan Mengapa Mie Tidak Baik untuk Kesehatan5. Tinggi sodium
Mie tinggi sodium yang memiliki efek negatif pada orang yang peka terhadap garam. Pada umumnya, mie dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan juga peningkatan penyakit kardiovaskular. 

6. Bisa menyebabkan keguguran
Ibu hamil yang suka makan mi instan mungkin mengalami keguguran saat hamil. Hal ini karena mi mempengaruhi perkembangan janin. 

7. Mengandung propylene glycol
Mie mengandung propylene glycol, yang merupakan bahan anti pembekuan yang mencegah mie mengeringkan dengan mempertahankan kelembabannya. Tubuh menyerap zat itu dengan mudah dan menumpuk di jantung, ginjal, dan hati, yang pada akhirnya bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

Sumber: Boldsky

Loading...
Loading...