Selasa, 12 Desember 2017 15:06 WITA

Ini Alasan Anak Zaman Now Terlihat Lebih Tua Dari Usianya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Alasan Anak Zaman Now Terlihat Lebih Tua Dari Usianya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang heran dengan penampilan anak muda jaman sekarang. Usia masih di bawah 25 tahun namun terlihat sudah lebih tua dari usianya.

Kebanyakan orang berpikir jika hal ini disebabkan oleh kecenderungan anak muda jaman sekarang yang memakai make-up atau pakaian yang memang diperuntukkan bagi orang yang lebih dewasa. 

Sebagai contoh, banyak remaja yang kini tidak lagi cuek dengan pakaian atau penampilan wajahnya sehingga selalu berusaha tampil prima dan maksimal. Tak hanya karena hal ini, penggunaan benda-benda berteknologi seperti ponsel pintar, gadget, laptop, dan televisi ternyata juga bisa menjadi pemicu penuaan dini pada anak muda jaman sekarang.

Dalam peralatan berteknologi ini, terdapat sinar biru yang sebenarnya membuat layar terlihat lebih jelas dan layar. Dilansir doktersehat, jika kita kerap terpapar sinar biru dari peralatan teknologi yang kita gunakan setiap hari, maka kita akan mengalami dampak buruk seperti sebagai berikut.

1. Terganggunya siklus tidur

Kerap memakai ponsel pintar atau laptop di malam hari bisa membuat tubuh mengalami penurunan produksi hormon melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur.

Alhasil, kita pun akan mengalami penurunan kualitas tidur dengan signifikan. Padahal, waktu tidur adalah saat dimana regenerasi kulit terjadi. Kondisi terkena gangguan tidur tentu saja akan memicu masalah penuaan dini.

2. Mata lelah

Sinar biru pada peralatan berteknologi juga akan membuat mata lelah atau dalam dunia medis disebut sebagai digital eyestrain. Tak hanya membuat pandangan menjadi kabur dan susah fokus, hal ini juga akan membuat lingkaran di sekitar mata menjadi lebih gelap dan menggantung.

3. Kulit berkeriput

Kerap memakai ponsel pintar akan membuat kita tanpa sadar kerap menunduk saat menggunakannya. Hal ini membuat kulit bagian leher cenderung lebih mudah berkeriput dan mengalami penuaan dini.

4. Kerusakan pada retina mata

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa kerap terpapar sinar biru bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata atau bahkan memicu datangnya katarak.