Senin, 11 Desember 2017 08:35 WITA

10 Makanan yang Dianggap Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan

Editor: Suriawati
10 Makanan yang Dianggap Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Makanan adalah kebutuhan dasar bagi manusia, dan sangat berpengaruh untuk kesehatan secara keseluruhan.

Makanya, memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi sangat penting agar kita tetap sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.

Berikut beberapa makanan yang mungkin menurut Anda sehat, tapi sebenarnya bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan.

1. Jus buah
Anda mungkin berpikir bahwa meminum jus buah sama sehatnya dengan memakan buah. Tapi ini benar-benar salah. Untuk membuat segelas jus jeruk Anda mengkonsumsi sekitar 4-5 jeruk. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan fruktosa. Tidak seperti mengkonsumsi buah utuh, jus juga tidak mengandung serat.

2. Susu kedelai
Beberapa orang berpendapat bahwa kedelai merupakan salah satu alternatif terbaik untuk produk susu. Tapi ini sebenarnya salah. Kedelai mengandung glifosat, senyawa organofosfor yang digunakan untuk membunuh gulma. Makanya, mengkonsumsi susu kedelai atau produk kedelai lainnya bisa berbahaya bagi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kematian sel manusia, menyebabkan alergi rhinitis, asma, kanker payudara atau bahkan kanker kandung kemih.

10 Makanan yang Dianggap Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan

3. Minyak nabati
Minyak nabati sering dianggap sehat, tapi ternyata tidak. Minyak nabati seperti minyak canola, minyak kacang kedelai dan minyak jagung kaya akan asam lemak omega-6. Tapi minyak ini sangat sensitif terhadap oksidasi dan dapat menyebabkan peningkatan stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker. Jadi, daripada menggunakan minyak nabati, lebih baik memilih minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak alpukat.

4. Garam meja
Garam meja bukanlah pilihan yang sehat. Ini mengalami banyak proses, distabilkan dengan dekstrosa dan diputihkan sehingga berbahaya untuk dikonsumsi. Baiknya memilih garam laut.

10 Makanan yang Dianggap Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan5. Pemanis buatan
Pemanis buatan tidak sehat. Ini bisa menyebabkan gangguan pada usus Anda dan bisa memicu diabetes. Selama periode waktu tertentu, konsumsi pemanis buatan secara teratur dapat menyebabkan kanker payudara, tumor otak dan penambahan berat badan.

6. Susu bebas lemak
Banyak dari kita berpikir bahwa susu bebas lemak itu sehat, namun kenyataannya tidak. Sebagian besar susu bebas lemak sarat dengan tambahan gula yang diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2, penyakit jantung dan juga kanker

7. Makanan kaleng
Tomat dan kacang yang dikemas dalam kaleng tidak sesehat yang Anda pikirkan. Sebelum dikemas, tomat dan kacang-kacangan mengalami banyak proses dan dalam proses tersebut, semua nutrisi penting hilang. Selain itu, pelapis resin kaleng mengandung bisphenol-A (BPA) yang telah dikaitkan dengan masalah reproduksi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

8. Coklat putih
Banyak orang menganggap cokelat putih mengandung susu dan sehat, tapi ini sebenarnya tidak. Selalu lebih baik memilih cokelat gelap karena mengandung kakao yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak, melindungi pembuluh darah dan membantu meningkatkan mood Anda.

10 Makanan yang Dianggap Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan9. Yogurt rendah lemak
Jika Anda berpikir bahwa yogurt rendah lemak itu sehat maka Anda salah. Ini rendah lemak tapi sarat dengan gula. Setelah fermentasi, yogurt rendah lemak menjalani pasteurisasi dan dalam prosesnya bakteri terbunuh. Jadi selalu lebih baik memilih yogurt full-fat karena mengandung probiotik.

10. Kopi
Minum secangkir kopi atau dua kopi dianggap baik untuk kesehatan. Ini membantu mencegah sirosis hati. Minum kopi saja sudah bagus, tapi bila Anda menambahkan gula, susu atau whipped cream ke kopi maka itu bisa menyebabkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan penyakit hati.