Senin, 11 Desember 2017 07:30 WITA

6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sebagian orang malas mandi air dingin di pagi hari karena hal ini dirasa kurang nyaman bagi tubuh, apalagi jika suhu udara di pagi hari juga masih cukup dingin. 

Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika melakukannya. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

1. Membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat

Dengan mandi air dingin di pagi hari, maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi sel darah putih dengan jumlah yang lebih banyak. Sebagaimana kita ketahui, sel darah putih adalah ‘tentara’ utama tubuh kita dalam melawan berbagai serangan virus, kuman, atau bakteri yang bisa memicu datangnya masalah kesehatan.

2. Membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar

Mandi dengan air dingin di pagi hari akan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini akan membantu fungsi organ berjalan dengan maksimal, membuat proses penyembuhan menjadi lebih baik, dan mengatasi berbagai peradangan.

3. Mengatasi stress

Dengan sirkulasi darah yang semakin lancar, maka setiap bagian tubuh juga akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Hal ini akan menurunkan stress pada berbagai bagian tubuh.

4. Membuat rambut menjadi semakin sehat

Dengan mandi air dingin di pagi hari, apalagi sekalian berkeramas, maka kita akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Dilansir doketersehat, rambut tentu akan menjadi lebih sehat, tidak mudah kusam, dan tidak mudah rontok.

5. Baik bagi kesuburan pria

Mandi air dingin di pagi hari bisa merangsang produksi hormon testosterone dengan lebih baik. Hal ini akan berimbas positif bagi kesuburan pria.

6. Membuat badan lebih segar dan bersemangat

Dengan mandi air dingin di pagi hari, tubuh yang sebelumnya masih dalam kondisi lesu atau mengantuk akan benar-benar terbangun, lebih segar, dan lebih bersemangat untuk melakukan aktifitas harian.