Kamis, 07 Desember 2017 18:32 WITA

Ayo Rutin Jalan Kaki, Rasakan Manfaatnya!

Editor: Fathul Khair Akmal
Ayo Rutin Jalan Kaki, Rasakan Manfaatnya!
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Semua orang tahu bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun demikian, tidak semua orang bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga. Entah karena aktivitas kerja yang menyita waktu, atau mungkin karena sedang didera rasa malas.

Jalan kaki bisa menjadi solusi untuk Anda. Salah satu olahraga yang terhitung ringan ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, olahraga ini juga tidak banyak menyita waktu dan tenaga, serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dikutip dari klikdokter.como, berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan:

1. Mengontrol konsumsi makanan manis
Studi dari University of Exeter menemukan bahwa, berjalan kaki selama 15 menit dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi cokelat. Penelitian terbaru juga menegaskan bahwa berjalan kaki bisa mengurangi nafsu makan dan mengurangi keinginan mengonsumsi aneka jajanan manis.

2. Memori
Jika Anda melakukan jalan kaki selama 40 menit dan rutin melakukan aktivitas ini minimal 3 kali dalam seminggu, olahraga ini dapat memberikan perlindungan pada daerah otak yang terkait dengan ingatan.

3. Kekuatan tulang
Jika Anda rutin berjalan kaki selama 4 jam dalam seminggu, Anda bisa terhindar dari mengalami risiko patah tulang pinggul hingga 43 persen.

4. Mengatasi nyeri sendi
Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan artritis. Selain itu, jalan kaki juga dapat melindungi sendi, terutama lutut dan pinggul yang paling rentan terhadap osteoartritis. Berjalan kaki juga membantu untuk melumasi sendi dan membentuk otot.

5. Menurunkan risiko kanker dan diabetes
Berjalan kaki juga memberi perlindungan untuk wanita dari risiko kanker payudara. Sebuah studi di American Cancer Society menemukan bahwa, wanita yang berjalan kaki 7 jam per minggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dari wanita yang berjalan 3 jam per minggu. 
Sementara itu, jika Anda melakukan 3.500 langkah dalam sehari maka risiko diabetes akan menurun sebesar 29 persen.