Kamis, 07 Desember 2017 11:35 WITA

Orangtua Catat! Memukul Anak Bisa Membuat Mereka Bersikap Kasar

Editor: Suriawati
Orangtua Catat! Memukul Anak Bisa Membuat Mereka Bersikap Kasar
INT

RAKYATKU.COM - Anak-anak yang sering dihukum dengan pukulan lebih cenderung bersikap kasar terhadap pasangannya di kemudian hari, menurut sebuah studi baru.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari University of Texas Medical Branch, dan melibatkan 758 orang dewasa usia 19 dan 20 tahun. Mereka semua ditanya seberapa sering mereka dipukul, ditampar atau dipukul, saat kecil untuk mengetahui apakah itu berdapampak pada karakter mereka sekarang ini.

Hasilnya memang benar, peneliti menemukan bahwa anak yang sering dihukum karena kekerasan fisik memiliki perilaku lebih agresif.

Mereka juga lebih cenderung melakukan kekerasan dalam hubungan mereka, di mana hampir satu dari lima (19 persen) peserta penelitian mengaku melakukan kekerasan terhadap kekasih mereka.

"Orang yang mengatakan bahwa mereka telah mengalami hukuman fisik lebih mungkin melakukan kekerasan dalam kencan," kata penulis utama studi, Jeff Temple, seorang profesor psikiatri di University of Texas Medical Branch.

Ia mengatakan bahwa orang tua harus menentukan apa yang mereka anggap sebagai hukuman dan penyiksaan anak.

Berbicara kepada CNN, dia mengatakan, "Kami mendefinisikan (penyiksaan anak) sebagai dipukul dengan sabuk atau papan, menyebabkan memar atau mengharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit."

Temuan ini dipublikasikan di Journal of Pediatrics