Kamis, 07 Desember 2017 10:28 WITA

Selain Kopi, Minuman Cokelat Juga Dapat Atasi Kantuk

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Selain Kopi, Minuman Cokelat Juga Dapat Atasi Kantuk

RAKYATKU.COM - Kafein yang terkandung dalam minuman kopi, sering menjadi senjata ampuh untuk melawan kantuk.

Kopi merupakan jenis minuman dengan kandungan kafein terbanyak. Dalam 8 ons gelas (setara dengan 220 ml) kopi mengandung 80 mg kafein.

Tetapi sebenarnya bukan hanya kopi saja yang memiliki kandungan kafein. Beberapa minuman-minuman selain kopi, seperti soft drink dan teh juga mengandung kafein. Bahkan coklat panas pun cukup ampuh untuk mengatasi kantuk.

Dolansir dari Klik Dokter, cokelat batangan mengandung jumlah kafein yang cukup besar. Secara umum, semakin banyak jumlah kokoa yang digunakan, maka kafein yang terkandung di dalamnya akan semakin besar.

Cokelat batangan seberat 162 gram dengan bahan 45–59% kakao, mengandung sekitar 70 miligram kafein. Begitu juga saat cokelat diolah menjadi minuman, kafein dalam si manis yang memiliki banyak penggemar ini tetap ada.

Tetapi, meski sama-sama memiliki kafein yang cukup besar, perbedaan kalori keduanya sangat berbeda. Cokelat mengandung kalori yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kopi. Sehingga bagi anda yang menghindari kalori tinggi, sebaiknya tidak memilih coklat untuk mengatasi kantuk.