Kamis, 07 Desember 2017 06:30 WITA

4 Manfaat Buah Mangga yang Jarang Diketahui Orang

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Manfaat Buah Mangga yang Jarang Diketahui Orang
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu musim buah yang ditunggu-tunggu banyak orang adalah musim mangga. Bagaimana tidak, kita bisa mendapatkan mangga yang manis dengan harga yang murah di berbagai tempat. 

Tak hanya memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi mangga. Dilansir doktersehat, Kamis (7/12/2017), berikut adalah manfaat mangga.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Mangga kaya akan kandungan serat, yakni sekitar 2,6 gram untuk setiap buahnya. Jika kita rutin mengkonsumsinya, saluran pencernaan tentu akan menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, serat juga bisa membuat jantung dan organ kardiovaskular lainnya menjadi lebih sehat sehingga kita pun akan mencegah datangnya penyakit jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan resiko diabetes tipe 2.

2. Baik bagi mata dan tulang

Siapa bilang hanya wortel yang baik bagi kesehatan mata? Mangga ternyata juga kaya akan kandungan vitamin A sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, konsumsi mangga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian yang tentu akan mendukung kesehatan serta kekuatan tulang.

3. Baik bagi ibu hamil

Kandungan vitamin B dan asam folat di dalam mangga akan mendukung perkembangan janin di dalam kandungan sekaligus mencegahnya mengalami cacat lahir layaknya terkena bibir sumbing. Kerap makan mangga juga akan membuat kandungan menjadi lebih kuat sekaligus menurunkan resiko keguguran.

4. Mengatasi anemia

Adanya kandungan asam folat juga akan membuat kita mencegah datangnya anemia megaloblastic, kondisi dimana sel darah merah memiliki ukuran lebih besar dari normal.

Kandungan lain yang bisa kita temukan dalam buah mangga adalah vitamin C, potassium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, tembaga, mangan, serta seng. Berbagai nutrisi ini sangatlah baik bagi tubuh kita. Melihat adanya fakta ini, selagi harganya murah karena sedang musim, sering-seringlah makan mangga.