Rabu, 06 Desember 2017 10:45 WITA

Fakta Baru: Wanita Ternyata Lebih Kuat Dari Pria

Editor: Suriawati
Fakta Baru: Wanita Ternyata Lebih Kuat Dari Pria
INT

RAKYATKU.COM - Selama ini kita telah salah menilai wanita, dan menganggapnya lemah dibandingkan pria. Faktanya, penelitian baru telah membuktikan bahwa ternyata wanita lebih unggul dari pria, dimana otot mereka bisa memproses oksigen 30 persen lebih efisien daripada lawan jenisnya.

"Kami menemukan bahwa otot wanita mengeluarkan oksigen dari darah lebih cepat, yang, secara ilmiah, menunjukkan sistem aerobik yang superior," kata Profesor Richard Hughson dari University of Waterloo di Ontario.

Rekannya, Profesor Thomas Beltrame menambahkan bahwa "Meskipun kita tidak tahu mengapa wanita memiliki penyerapan oksigen lebih cepat, penelitian ini menyingkirkan kebijaksanaan konvensional."

Fakta Baru: Wanita Ternyata Lebih Kuat Dari PriaDalam studinya, peneliti menganalisis 18 orang dewasa sehat dan aktif, setengahnya adalah pria. Semua peserta studi menyelesaikan empat tes treadmill dengan intensitas sedang. 

Detak jantung dan kandungan jaringan oksigen mereka dinilai, serta perbedaan kadar oksigen antara pembuluh darah dan arteri. Hasilnya mengungkap wanita mengolah oksigen lebih cepat dibanding pria saat berolahraga.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism.