Rabu, 06 Desember 2017 09:12 WITA

Apa itu Vernix Bayi dan Mengapa Tidak Boleh Dicuci?

Editor: Suriawati
Apa itu Vernix Bayi dan Mengapa Tidak Boleh Dicuci?
INT

RAKYATKU.COM - Saat bayi lahir, biasanya ada zat yang terlihat kotor menempel di badannya. Itu adalah vernix atau vernix caseosa. Pada dasarnya, vernix caseosa adalah lapisan pelindung yang terbentuk selama bulan-bulan saat bayi berada dalam rahim.

Vernix diyakini bertindak untuk melindungi kulit bayi agar tidak terkena cairan di sekitarnya. Coba bayangkan, jika Anda tinggal di kolam renang untuk waktu yang lama, Anda akan melihat bahwa kulit Anda jadi keriput dan pecah-pecah. Hal yang sama akan terjadi pada bayi dalam rahim. Namun, kehadiran vernix membantu mencegah kerutan pada kulit mereka yang sensitif.

Biasanya perawat dan staf rumah sakit akan membersihkan kulit bayi sebelum menyerahkan mereka ke orang tuanya. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa lapisan ini tidak boleh dicuci atau dibersihkan karena berfungsi untuk melindungi kulit sensitif bayi dari lingkungan baru setelah ia lahir.

Apa itu Vernix Bayi dan Mengapa Tidak Boleh Dicuci?Jika vernix tertinggal di kulit bayi, hal itu bisa memberi banyak manfaat bagi mereka. Sebagai alternatif, vernix baiknya digosokkan ke kulit bayi seperti Anda menggosokkan pelembab.

Pertanyaanya, kapan waktu terbaik untuk mulai memandikan bayi? Vernix diserap paling banyak dalam 24 jam pertama, namun dibutuhkan sekitar 6 sampai 7 hari agar vernix benar-benar diserap oleh kulit mereka. Akan lebih baik jika Anda menunggu sampai saat itu.

Saat memandikan bayi, pastikan tidak menggunakan sabun apapun, gunakan air hangat sebagai gantinya. Gunakan tisu yang tidak mengandung wewangian untuk membersihkan kotoran, kencing dan muntahnya.