Senin, 04 Desember 2017 06:30 WITA

10 Gangguan Kesehatan Saat Kurang Minum Air Putih

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Gangguan Kesehatan Saat Kurang Minum Air Putih
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Air adalah komponen utama organ vital, seperti otak, hati, dan jantung. Air putih penting untuk tulang Anda dan bahkan ruang antara sel Anda. Itu sebabnya minum air putih terlalu sedikit bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut uraian 10 penyesalan yang akan terjadi jika kurang minum air putih:

1. Dehidrasi kulit

Selain menggunakan krim pelembab dan perawatan alami lainnya, solusi terbaik untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi adalah cukup minum air. Elastisitas kulit Anda bergantung pada keseimbangan air yang cukup. Untuk mengetahui apakah kulit Anda mengalami dehidrasi, lakukan tes berikut ini:

Dengan lembut cubit kulit dan lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi normalnya. Jika Anda mengalami dehidrasi, kulit akan sangat perlahan kembali ke bentuk semula. Jika tidak dehidrasi, akan segera kembali.

Anda juga bisa menguji suhu kulit, terutama wajah, untuk melihat apakah itu mengalami dehidrasi. Biasanya, tubuh membutuhkan banyak air untuk mempertahankan suhu yang ideal. Ini berarti bahwa jika kulit Anda lebih panas dari biasanya, Anda mungkin perlu lebih banyak minum air putih.

2. Sembelit

Konstipasi membuat sulit buang air besar secara normal, dan salah satu penyebab utamanya adalah kurang minum air. Jika usus bertugas membentuk tinja, usus besar akan mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya. Bila tidak ada cukup air akan menyulitkan untuk membuang tinja dan bisa menyebabkan sakit perut.

Salah satu masalah yang berhubungan langsung dengan sembelit adalah wasir, yang disebabkan oleh usaha yang harus dilakukan usus untuk menghilangkan kotoran yang sangat padat atau kering. 

3. Kram otot

Kram otot biasanya terkait dengan aktivitas fisik, tapi bisa juga dikaitkan saat tubuh Anda kekurangan air.

Dengan adanya tingkat cairan yang tidak mencukupi dalam tubuh, Anda mengalami ketidakseimbangan pasokan elektrolit dan mineral Anda. Komponen ini sangat penting untuk fungsi otot Anda.

Inilah sebabnya mengapa sebaiknya Anda tetap terhidrasi saat berolahraga atau beraktivitas, karena Anda kehilangan air dan mineral melalui keringat Anda.

HALAMAN
1 2 3