Senin, 04 Desember 2017 07:30 WITA

Ingat, Jangan Abaikan 6 Gejala Kesehatan Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ingat, Jangan Abaikan 6 Gejala Kesehatan Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Pusing, nyeri dada, sakit perut atau mual adalah beberapa gejala kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang. Gejala tersebut kadang dirasakan hanya sesekali, sehingga cenderung diabaikan.

Padahal, tak sedikit gejala penyakit yang tampaknya sepele ternyata menyimpan dampak berbahaya bagi tubuh. Sehingga jika tak segera diatasi, dapat berakibat fatal bagi orang tersebut. Dilansir klikdokter, berikut adalah enam gejala berbahaya yang sering kali tak diacuhkan:

1. Lengan dan kaki terasa lemah

Jika Anda merasa lemah atau mati rasa di lengan, kaki, atau wajah, itu bisa jadi tanda adanya strok, terutama bila terjadi di satu sisi tubuh Anda. Strok atau stroke membuat Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, merasa pusing, atau sulit berjalan.

Segera cari bantuan jika tiba-tiba Anda merasakan sakit kepala berlebih, merasa bingung, tak bisa melihat dengan baik, atau kesulitan untuk berbicara.

2. Nyeri dada

Rasa nyeri atau tekanan di dada bisa menjadi pertanda penyakit jantung atau serangan jantung, khususnya jika Anda merasakannya saat beraktivitas. Selain jantung, kondisi ini juga bisa terjadi akibat bekuan darah yang masuk ke paru-paru.  

“Setiap nyeri dada, terutama disertai dengan berkeringat, tekanan, sesak napas, atau mual, harus segera ditangani oleh profesional medis,” kata Shilpi Agarwal, MD, dari One Medical Group.

Jika dada Anda terasa kencang atau berat, dan itu berlangsung lebih dari beberapa menit, segeralah hubungi dokter. Jangan coba untuk mengatasinya sendiri.

3. Nyeri pada kaki

Kaki yang terasa nyeri dapat menjadi pertanda adanya bekuan darah di betis Anda. Hal ini biasa disebut deep vein thrombosis (DVT).  Rasa nyeri ini bisa terjadi setelah Anda duduk terlalu lama, seperti naik pesawat. Selain itu juga dapat dirasakan saat Anda berdiri atau mencoba untuk berjalan.

4. Urine mengandung darah

Urine Anda mengandung darah dibarengi dengan rasa sakit di punggung? Jika itu terjadi, mungkin Anda terkena batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal. Batu ginjal yang keluar dari tubuh saat Anda buang air kecil bisa sangat menyakitkan.

Sementara itu, jika Anda melihat darah tapi tidak merasakan sakit, itu bisa jadi gejala kanker ginjal atau infeksi kandung kemih.

5. Sesak napas

Sesak napas bisa menjadi pertanda asma, penyakit paru-paru, alergi, atau paparan bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, jika Anda kesulitan bernapas atau mendengar suara siulan saat mencoba bernapas, jangan tunda-tunda untuk pergi ke rumah sakit.

6. Berpikir bunuh diri

Setiap orang dapat mengalami hal ini. Merasa putus asa atau berpikir bahwa mereka tidak punya alasan untuk hidup. Jika Anda sedang berada dalam titik itu, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan psikolog atau psikiater. Apalagi jika disertai gangguan lainnya, seperti insomnia, takut berlebihan, dan sebagainya.