Minggu, 03 Desember 2017 22:21 WITA

Tahukah Kamu, Makanan Berikut Ini Tidak Bisa Kadaluarsa

Editor: Adil Patawai Anar
Tahukah Kamu, Makanan Berikut Ini Tidak Bisa Kadaluarsa

RAKYATKU.COM – Saat kita membeli makanan, kita tentu harus memperhatikan tanggal kadaluarsanya agar kita tetap bisa mengkonsumsi makanan yang masih layak. Sebagai contoh, roti atau susu hanya mampu bertahan dalam kualitas terbaiknya selama beberapa hari dan setelahnya bisa berbahaya jika dikonsumsi.

Hanya saja, ada beberapa makanan yang ternyata memiliki batas kadaluarsa yang sangat lama atau bahkan tidak bisa kadaluarsa. Apa sajakah makanan tersebut?

Madu
Jangan terkecoh, madu yang dimaksud bukanlah madu yang sudah dicampur dengan bahan lainnya sebagaimana yang banyak tersedia di pasaran, namun berupa madu alami. Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan dr. Elizabeth Trattner menyebut madu sebagai salah satu bahan makanan yang paling sehat bagi tubuh dan tidak akan pernah kadaluarsa. Hal ini dibuktikan oleh penemuan arkeolog berupa madu yang sudah tersimpan selama sekitar 3000 tahun yang ternyata masih berkualitas baik dan bisa dikonsumsi. Karena alasan inilah ada baiknya kita pandai-pandai memilih madu yang alami.

Cuka
Beberapa jenis cuka seperti cuka putih, cuka anggur merah, cuka balsamic, hingga cuka raspberry ternyata bisa terus bertahan lama dan tidak akan kadaluarsa.

Tepung maizena
Asalkan tidak sampai basah dan disimpan pada wadah yang kering dan sejuk, tepung maizena bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama dan masih terjaga kualitasnya.

Garam
Bumbu dapur yang sangat sering kita pakai saat memasak ini ternyata bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama dan tidak akan kadaluarsa. Garam tidak bisa diserang jamur atau bakteri yang bisa membuat kualitas makanan menurun.

Gula
Tak hanya garam, gula, baik itu gula putih, gula pasir, gula merah, dan gula-gula lainnya tidak akan kadaluarsa asalkan disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Hanya saja, dalam banyak kasus, tekstur gula bisa berubah jika disimpan dalam waktu yang lama.