Minggu, 03 Desember 2017 14:15 WITA

Benarkan Biji Cabai Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Editor: Suriawati
Benarkan Biji Cabai Bisa Menyebabkan Usus Buntu?
INT

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda mendengar mitos bahwa biji cabai bisa menyebabkan radang usus buntu? Beberapa orang berpendapat bahwa biji cabai tidak dapat diproses dengan baik oleh sistem pencernaan, sehingga menyebabkan usus buntu. Benarkah demikian?

Faktanya, itu tidak sepenuhnya benar dalam opini medis. Usus buntu atau apendisitis terjadi karena ujung usus mengalami infeksi. Jika infeksi tidak sembuh, tindakan yang biasa dilakukan dokter adalah memotong dan membuangnya melalui operasi. prosedur itu dikenal sebagai appendectomy.

Dilansir laman Boldsky, pemicu infeksi pada usus buntu adalah bakteri. Sebagai hasil dari infeksi ini, ada penyumbatan, atau penyempitan usus. Efeknya adalah kotoran menjadi tersumbat dan sulit keluar, sehingga memperburuk infeksi.

Benarkan Biji Cabai Bisa Menyebabkan Usus Buntu?Selain infeksi bakteri, radang usus buntu juga bisa disebabkan oleh salah masuknya tinja cair, sehingga terjebak dalam usus. Tinja yang terjebak itu kemudian mengeras dan susah dikeluarkan.

Namun, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, benda-benda seperti biji-bijian memang bisa menyebabkan usus buntu. Menurut Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, hal-hal seperti itu hanya terjadi pada salah satu dari 2.000 masalah.