Minggu, 03 Desember 2017 11:20 WITA

Cara Sederhana Usir Bau Mulut

Editor: Fathul Khair Akmal
Cara Sederhana Usir Bau Mulut
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Bau mulut adalah permasalahan yang pernah dialami oleh semua orang. Jika Anda mengalami masalah dengan bau mulut, kondisi ini tentu bisa berdampak pada pergaulan Anda dengan orang-orang di sekitar.

Agar hubungan Anda dengan orang lain dapat berjalan dengan baik, maka aroma mulut harus terjaga agar tidak menimbulkan aroma yang menyengat. 
Dilansir klikdokter.com, berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda gunakan untuk mengusir bau mulut:

Membersihkan lidah
Gunakan sikat gigi atau pembersih lidah untuk mengikis kotoran di permukaan lidah setiap kali Anda menyikat gigi. Pembersihan harus dilakukan terutama di bagian belakang, di mana bakteri kemungkinan besar menumpuk karena permukaan yang lebih kasar dan kurangnya kontak dengan bagian mulut lainnya. 

Satu studi menemukan bahwa pembersihan lidah dapat mengurangi senyawa sulfur di dalam mulut.

Menghindari makanan tertentu
Untuk mencegah bau mulut, Anda perlu mengurangi konsumsi bawang bombay dan bawang putih, bahkan gula. “Ngemil permen mengakibatkan lonjakan kadar gula yang menyebabkan lonjakan pertumbuhan bakteri,” kata Salvador Nares, director of periodontics research and head of the department of periodontics University of Illinois di Chicago College of Dentistry.

Sering membilas mulut
Kondisi mulut kering memungkinkan mikroba di dalam mulut melepaskan lebih banyak senyawa yang berbau busuk. Untuk mengurangi aroma busuk ini, usahakan agar mulut selalu basah dengan air sepanjang hari. Karena mulut cenderung lebih kering seiring bertambahnya usia, maka disarankan agar para lansia juga melakukan cara ini.  

Mengganti sikat gigi
Sikat gigi tidak efektif  untuk membersihkan jika digunakan lebih dari 3 bulan. Selain itu, jangan pernah berbagi sikat gigi Anda dengan orang lain karena bisa menyebabkan bakteri dari orang lain berpindah ke mulut Anda.

Jangan merokok
Selain bisa menyebabkan kanker, merokok juga bisa merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, untuk mencegah bau mulut, Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok.

Minum teh
Secangkir teh bisa menjadi metode ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang berguna untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.