Jumat, 01 Desember 2017 16:03 WITA

Punya Rambut Panjang? Jangan Sering-sering Diikat Biar Tidak Begini

Editor: Adil Patawai Anar
Punya Rambut Panjang? Jangan Sering-sering Diikat Biar Tidak Begini

RAKYATKU.COM – Kebanyakan orang yang memiliki rambut panjang, baik itu pria ataupun wanita, akan memilih untuk sering mengikatnya agar tidak membuat risih atau mengganggu aktifitas harian.

Meskipun memang akan membuat rambut menjadi lebih ringkas dan tidak mengganggu, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan mengikat rambut ternyata bisa membuat rambut lepek dan berminyak.

Dilansir doktersehat.com, rambut yang lepek dan berminyak memang menjadi salah satu masalah yang bisa membuat penampilan kita menjadi kurang rapi. Banyak wanita yang bahkan rela untuk melakukan perawatan rambut berharga mahal demi mengatasi masalah ini.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab utama dari rambut lepek sebenarnya adalah seringnya rambut terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Hal ini ternyata bisa merusak kulit kepala dan akhirnya membuat rambut menjadi lebih banyak berkeringat dan lebih kusam.

Lantas, bagaimana bisa kebiasaan mengikat rambut juga bisa memicu rambut lepek? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan mengikat rambut, maka endapan minyak, sabun, kotoran, dan berbagai hal lainnya akan terakumulasi pada beberapa titik di kulit kepala.

Hal ini ternyata akan membuat kulit kepala lebih mudah memproduksi minyak dengan berlebihan dan akhirnya merangsang produksi sebum dan menurunkan kesehatan batang rambut.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita sering-sering membiarkan rambut panjang terurai saja agar tidak mudah lepek. Tak hanya itu, jangan mengikat rambut saat masih dalam kondisi basah karena habis berkeramas atau kehujanan dan menunggunya kering terlebih dahulu.

Menyisir rambut terlalu sering ternyata juga bisa menyebabkan masalah rambut lepek dan berminyak sehingga sebaiknya tidak kita lakukan.