Jumat, 01 Desember 2017 07:03 WITA

Tips Mengatasi Sakit Kepala Akibat Kehujanan

Editor: Adil Patawai Anar
Tips Mengatasi Sakit Kepala Akibat Kehujanan

RAKYATKU.COM – Cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrem seperti belakangan ini membuat kita cenderung rentan untuk terkena beberapa penyakit. Sebagai contoh, jika kita kerap beraktifitas di luar ruangan, bisa saja hujan tiba-tiba turun dan membuat kita mau tidak mau hujan-hujanan. Tak hanya membuat pakaian kita basah, banyak orang yang mengeluhkan sakit kepala dan pilek setelah hujan-hujanan.

Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan dr. Kevin William Hutomo menyebutkan bahwa hujan-hujanan memang bisa memicu sakit kepala. Hanya saja, penyebab dari sakit kepala ini bukanlah tentang kandungan dalam air hujan sebagaimana yang dikira oleh banyak orang namun karena terjadinya perubahan suhu tubuh yang mendadak saat terpapar air hujan yang bersuhu cukup dingin. Hal ini akan memicu penyempitan pembuluh darah pada tubuh yang bertujuan untuk mempertahankan suhu tubuh yang hangat sehingga kita pun tidak akan merasa kedinginan.

Yang menjadi masalah adalah, penyempitan pembuluh darah yang terjadi karena hujan-hujanan ini akan membuat asupan oksigen menuju otak juga ikut menurun. Hal inilah yang akhirnya menjadi pemicu sakit kepala.

Untuk mengatasi sakit kepala ini, ternyata ada cara yang mudah dan sebenarnya sudah dikenal luas oleh masyaraka, khususnya para orang tua, yakni mandi dan berkeramas. Hanya saja, ada baiknya kita mandi dengan menggunakan air hangat, bukannya air dingin. Dengan melakukannya, maka pembuluh darah pada tubuh akan kembali ke ukuran normal sehingga membuat distribusi oksigen menuju otak dan berbagai bagian tubuh lainnya akan kembali optimal. Hal ini juga akan berimbas pada hilangnya sakit kepala.

Demi mencegah sakit kepala karena hujan-hujanan, ada baiknya kita selalu menyediakan payung yang bisa setiap saat kita pakai saat hujan turun.