Kamis, 30 November 2017 19:46 WITA

Urat di Bagian Bawah Lidah Berwarna Gelap, Apakah Berbahaya?

Editor: Fathul Khair Akmal
Urat di Bagian Bawah Lidah Berwarna Gelap, Apakah Berbahaya?

RAKYATKU.COM - Tak hanya menjadi indera pengecap yang membuat kita bisa mengenali berbagai macam rasa makanan, lidah disebut-sebut terkait dengan banyak organ tubuh sehingga kondisi kesehatannya bisa menandakan adanya masalah kesehatan tertentu. Salah satu kondisi lidah yang patut untuk kita cermati adalah munculnya urat berwarna gelap pada bagian bawah lidah yang bisa dilihat saat kita menggulung lidah ke atas.

Menurut pakar kesehatan, urat berwarna gelap pada lidah bagian bawah ini ternyata disebabkan oleh bengkaknya urat pada pembuluh darah vena. Sebenarnya, hal ini cukup wajar terjadi pada semua orang. 

Hanya saja, jika urat ini memiliki warna semakin gelap, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang kedinginan, tidak leluasanya saluran pernafasan, atau kurang lancarnya peredaran darah. Bahkan, dilansir doktersehat.com, jika tubuh juga ikut-ikutan mengalami gejala seperti kulit yang semakin kusam, kram perut saat menstruasi pada wanita, kerontokan rambut, insomnia, dan emosi yang tidak stabil, ada baiknya kita mewaspadai masalah kesehatan yang lebih serius yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Jika kita menemukan urat berwarna gelap pada bawah lidah, ada baiknya kita segera mulai menerapkan gaya hidup sehat layaknya mulai lebik baik dalam mengendalikan emosi, menjaga waktu istirahat dengan baik, khususnya dalam hal memastikan diri untuk tidur malam sekitar 7-8 jam setiap hari, dan memperbaiki pola makan agar menjadi lebih sehat.

Khusus untuk memperbaiki pola makan agar menjadi lebih sehat, ada baiknya kita mulai memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Pastikan untuk mulai menurunkan asupan makanan yang kaya akan kandungan minyak, lemak, atau bahan pengawet. 

Tak hanya itu, sering-seringlah mengkonsumsi makanan berserat layaknya sayuran dan buah-buahan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.