Kamis, 30 November 2017 16:10 WITA

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memberikan Manfaat ini!

Editor: Suriawati
Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memberikan Manfaat ini!
INT

RAKYATKU.COM - Ada banyak kesalahpahaman tentang kopi. Ada yang mengatakan bahwa minum kopi itu baik untuk kesehatan, sementara yang lain berpendapat bahwa kopi dapat berdampak buruk. Nah, sebenarnya itu semua tergantung dari seberapa banyak yang Anda konsumsi.

Artinya, mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang akan bermanfaat bagi kesehatan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Southampton, mengonsumsi 3-4 cangkir kopi sehari dapat memiliki manfaat kesehatan yang substansial, seperti mengurangi risiko penyakit hati, diabetes, demensia dan bahkan kanker.

Selain manfaat itu, penelitian yang didasarkan pada tinjauan pada lebih dari 200 studi ini menyatakan bahwa minum kopi dapat juga menurunkan risiko kematian dan penyakit jantung. Penelitian tersebut bahkan menemukan bahwa peminum kopi kurang mungkin meninggal karena stroke.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal BMJ.

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memberikan Manfaat ini!

Jika fakta tentang mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir sehari dari penelitian tersebut masih belum cukup bagi Anda, simak manfaat lain kopi berikut ini:

1. Meningkatkan energi
Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein yang memberikan efek stimulan dengan meningkatkan tingkat energi, mood dan berbagai aspek fungsi otak. 

2. Menurunkan berat badan
Kopi mengandung mineral penting seperti magnesium dan potasium, yang membantu tubuh manusia menggunakan insulin, sehingga mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan Anda untuk makanan manis dan makanan ringan. Selain itu kopi kafein dalam kopi juga membantu memecah sel lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan.

3. Menurunkan resiko diabetes
Kafein dalam kopi juga membantu mengurangi sensitivitas insulin dan mengurangi toleransi glukosa. Pada akhirnya, itu bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2.

4. Membantu melawan depresi
Kafein bisa merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin, yang membantu dalam melawan depresi.