Rabu, 29 November 2017 21:51 WITA

Musim Hujan Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Musim Hujan Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik

RAKYATKU.COM -  Cukup banyak orang yang mengeluhkan naiknya berat badan saat musim hujan tiba. Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta menarik bahwa ada orang yang mengalami kenaikan berat badan hingga 3-5 kg saat musim hujan. 

Biasanya, hal ini disebabkan oleh kecenderungan peningkatan nafsu makan pada suhu udara musim hujan yang dingin. Tak hanya itu, kondisi cuaca yang hujan juga membuat kita tidak aktif keluar rumah sebagaimana saat musim kemarau. Berikut adalah beberapa penyebab lain dari meningkatnya berat badan saat musim hujan.

1. Makan lebih banyak

Saat musim hujan, kita cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang hangat dan nikmat agar suhu tubuh meningkat. 

Sayangnya, hal ini juga berimbas pada keinginan untuk mengkonsumsi makanan atau camilan dengan lebih banyak. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika makan lebih banyak tentu akan meningkatkan berat badan.

2. Membuat metabolisme meningkat

Meskipun terlihat sehat, dalam realitanya peningkatan metabolisme secara mendadak juga bisa meningkatkan berat badan. 

Dilansir doktersehat, saat metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh akan membakar lebih banyak energi agar demi menjaga suhu tubuh tetap hangat. Tak disangka, hal ini ternyata juga membuat kita ingin lebih banyak makan.

3. Malam yang lebih lama

Memang, pertambahan waktu malam hari di musim hujan tidak akan sebanyak layaknya saat musim dingin di belahan bumi utara. 

Namun, bertambahnya waktu malam ini sudah cukup untuk mempengaruhi kondisi tubuh kita, khususnya dalam hal meningkatkan keinginan untuk beristirahat dengan lebih banyak. Hal ini ternyata akan berpengaruh lebih besar pada siklus tubuh dan akhirnya bisa mempengaruhi berat badan.