Rabu, 29 November 2017 14:56 WITA

Manfaat Rasa Khawatir untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Rasa Khawatir untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Kabar baik untuk Anda yang biasa merasa khawatir. Keluhan dan gangguan Anda sebenarnya dapat memperoleh manfaat kesehatan, menurut ahli.

Kate Sweeny, Ph.D, profesor psikologi dari University of California mengungkapkan bahwa rasa khawatir tidak hanya berfungsi sebagai penyangga emosional terhadap skenario terburuk, tapi juga bisa menjadi motivator yang kuat untuk perilaku proaktif dan sehat.

Sweeny juga berpendapat bahwa orang-orang yang banyak khawatir, mungkin tampil lebih baik di sekolah atau di tempat kerja, dan mereka lebih mudah dalam memecahkan masalah.

Ia mengatakan bahwa orang-orang yang cemas secara alami mungkin akan mengikuti saran kesehatan dan keselamatan, seperti mengenakan sabuk pengaman mereka, mengoleskan tabir surya setiap beberapa jam sekali, dan beberapa tindakan pencegahan lainnya.

Manfaat Rasa Khawatir untuk KesehatanNamun, Sweeny menekankan bahwa kekhawatiran yang baik adalah yang ringan. Sebaliknya, kekhawatiran ekstrem masih berbahaya bagi kesehatan seseorang, karena itu dikaitkan dengan suasana hati yang tertekan, kesehatan fisik yang buruk, dan bahkan penyakit jiwa.

Dia tidak menganjurkan seseorang larut dalam kekhawatiran yang berlebihan.

"Menurut saya, pesan utamanya adalah ketika Anda merasa khawatir, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apakah pikiran itu produktif, karena mungkin ada hal-hal yang seharusnya Anda lakukan dan bersiap untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, dan dalam kasus itu, itu bagus," katanya.

Artikel tentang kekhawatiran ini diterbitkan di Social and Personality Psychology Compass.