Selasa, 28 November 2017 17:02 WITA

Apakah Menonton Pertandingan Olahraga Buruk untuk Kesehatan?

Editor: Suriawati
Apakah Menonton Pertandingan Olahraga Buruk untuk Kesehatan?
INT

RAKYATKU.COM - Apakah menonton pertandingan olahraga dapat mempengaruhi kesehatan? Jawabannya ya. Mungkin terdengar aneh, tapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktifitas ini bisa mempengaruhi jantung, sama seperti bermain dalam permainan itu sendiri.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Canadian Journal of Cardiology ini, tekanan jantung meningkat sebesar 75% saat mereka menonton pertandingan hoki di televisi dan 110% saat menonton secara langsung. Ini setara dengan tekanan jantung dari latihan yang hebat.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan menonton acara olahraga dengan peningkatan risiko serangan jantung dan kematian mendadak di antara penonton, terutama untuk orang-orang dengan penyakit arteri koroner yang ada.

Penelitian baru ini melibatkan 20 orang dewasa yang tinggal di Montreal yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Mereka memberi informasi tentang kesehatan umum mereka dan mengisi kuesioner.

Kemudian, para peneliti dari Universitas Montreal mengukur denyut nadi mereka saat mereka menonton pertandingan. Setengah dari mereka menonton di televisi, dan setengah menghadiri pertandingan di arena.

Apakah Menonton Pertandingan Olahraga Buruk untuk Kesehatan?Hasilnya, peneliti menemukan bahwa detak jantung pemirsa TV meningkat rata-rata 75%, dan 110% untuk penonton di arena.

Peneliti mengatakan, tingkat detak jantung peserta penelitian tetap di atas ambang batas untuk aktivitas fisik moderat selama sekitar 39 menit saat menonton pertandingan di televisi. Bagi mereka yang berada di arena, denyut jantung tetap di atas ambang aktivitas moderat selama 72 menit.

"Bukan hasil permainan yang menentukan intensitas respons stres emosional," kata peneliti. "Namun kegembiraan yang dialami saat menang taruhan tinggi atau bagian permainan dengan intensitas tinggi."