Selasa, 28 November 2017 15:29 WITA

1 Dari 9 Pria Terinfeksi Virus Menular Seksual HPV Oral

Editor: Suriawati
1 Dari 9 Pria Terinfeksi Virus Menular Seksual HPV Oral
INT

RAKYATKU.COM - Virus papiloma manusia (HPV) adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum terjadi di Amerika Serikat. Para ahli mengatakan bahwa hampir setiap pria atau wanita yang aktif secara seksual akan terinfeksi setidaknya satu strain pada beberapa titik dalam kehidupan mereka.

HPV dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh, bukan hanya penis dan vagina, tapi juga leher rahim, anus, tenggorokan dan mulut.

Masalahnya, kebanyakan orang tidak akan tahu mereka memiliki infeksi ini, karena itu biasanya tidak menimbulkan gejala, dan kebanyakan infeksi akan hilang sendiri.

Tapi beberapa strain bisa berkembang menjadi genital warts atau bahkan kanker. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine, infeksi HPV sebagian besar menyebar melalui oral seks.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional dari tahun 2011 sampai 2014.

Saat ini, tidak ada tes yang disetujui pemerintah federal untuk mendiagnosis HPV pada pria, atau mendiagnosis HPV oral secara umum. Tetapi dalam penelitian ini, seorang ahli kebersihan gigi mengumpulkan sampel bilas oral dari orang-orang yang berpartisipasi dan mengirimkan sampel ke laboratorium untuk diuji.

Mereka menemukan bahwa satu dari sembilan pria AS, atau sekitar 11 juta orang, memiliki infeksi virus secara oral. Untuk alasan yang masih belum jelas, HPV jenis ini jauh lebih jarang terjadi pada wanita; hanya 3,2%, atau 3,2 juta wanita di Amerika, memiliki infeksi HPV oral.

Mereka juga menemukan bahwa salah satu jenis HPV yang paling berisiko diketahui menyebabkan kanker, HPV 16, enam kali lebih umum terjadi pada pria daripada wanita.

Tags