Selasa, 28 November 2017 08:01 WITA

Lubang Kanan dan Kiri Hidung Ternyata Fungsinya Berbeda

Editor: Adil Patawai Anar
Lubang Kanan dan Kiri Hidung Ternyata Fungsinya Berbeda

RAKYATKU.COM – Meskipun sama-sama berfungsi sebagai tempat dimana udara pernafasan bisa keluar masuk, banyak orang yang tidak menyadari perbedaan peran dari kedua lubang hidung kita. Tak disangka, fungsi dari lubang kanan dan kiri hidung ternyata berbeda dan bisa mempengaruhi kondisi kimia dalam tubuh dengan cara yang berbeda. Seperti apa penjelasannya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa lubang hidung sebelah kanan kita sebenarnya memiliki sifat panas. Hal ini disebabkan oleh fungsinya yang mampu mengeluarkan udara panas dari dalam tubuh yang sebenarnya ditujukan untuk meningkatkan pengeluaran zat atau sekresi asam. Hal yang berbeda terjadi pada lubang sebelah kiri yang cenderung mengeluarkan udara dengan suhu yang lebih dingin. Tujuan dari hal ini adalah untuk meningkatkan pengeluaran alkali yang bersifat basa.

Jika salah satu lubang hidung cenderung mampet dan kita hanya bisa bernafas dengan lubang hidung kiri, maka hal ini ternyata akan mempengaruhi aktifitas otak kanan. Sebaliknya, jika kita bernafas hanya dengan lubang hidung kanan, maka yang akan terpengaruh aktifitasnya adalah otak kiri. Yang menarik adalah, jika kita mampu mengatur pernafasan dan bernafas melalui salah satu hidung, maka kita bisa meredakan beberapa gejala penyakit.

Sebagai contoh, jika kita bernafas dengan menggunakan lubang hidung kanan saja, maka kita bisa meredakan sakit kepala, mengatasi gangguan pencernaan dan masalah susah buang air besar. Sementara itu, jika kita bernafas dengan lubang hidung kiri saja, maka kita bisa mengatasi stress, mengatasi masalah susah tidur.

Khusus untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia, kita bisa melakukan trik berupa berbaring di sisi kanan dan bernafas hanya dengan lubang bagian kiri saja. Khusus untuk lubang kanan hidung, kita bisa menutupnya selama beberapa menit hingga pikiran menjadi lebih rileks dan kita pun bisa tidur dengan nyenyak.