Senin, 27 November 2017 08:26 WITA

6 Efek Samping Mengejutkan dari Semangka

Editor: Suriawati
6 Efek Samping Mengejutkan dari Semangka
INT

RAKYATKU.COM - Saat cuaca panas, semangka bisa menjadi pilihan untuk memuaskan dahaga. Buah ini tidak hanya enak dan menyegarkan tapi juga sehat, karena mengandung sejumlah  vitamin A, C dan B6, serta potasium.

Tapi seperti yang lainnya, terlalu banyak mengonsumsi semangka bisa menimbulkan masalah bagi tubuh Anda. Berikut beberapa efek samping dari buah semangka:

1. Gangguan usus
Semangka kaya lycopene. Jadi, jangan mengkonsumsi semangka dalam jumlah banyak. Hal ini dapat menyebabkan mual, kembung, diare, muntah, gangguan pencernaan dan buang gas. Gejala ini bisa memburuk di kalangan orang tua, karena sistem pencernaan cenderung melemah seiring bertambahnya usia.

2. Gangguan kardiovaskular
Semangka mengandung kadar potasium yang tinggi. Mengkonsumsi makanan yang diperkaya dengan potasium dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, seperti denyut nadi lemah, detak jantung tidak teratur, dan serangan jantung.

6 Efek Samping Mengejutkan dari Semangka3. Tidak baik untuk penderita diabetes
Bila seseorang resisten insulin, maka kadar gula darah cenderung tetap tersimpan dalam darah. Itu tidak masuk ke dalam sel tubuh. Bila ada kekurangan glukosa dalam sel, maka jumlah insulin lebih banyak diproduksi. Baik darah maupun gula tetap berada dalam darah, yang bisa mempengaruhi kadar trigliserida dalam tubuh.

Semangka, penuh dengan gula alami yang bisa menyebabkan lonjakan kadar gula dalam tubuh. Itulah sebabnya penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi semangka.

4. Reaksi alergi
Mengkonsumsi semangka juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika Anda alergi terhadap wortel, dan timun maka kemungkinan Anda juga akan alergi terhadap semangka.

6 Efek Samping Mengejutkan dari Semangka5. Buruk bagi kehamilan
Mengkonsumsi semangka dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar gula darah, yang menyebabkan diabetes gestasional. Jadi, ibu hamil harus berhenti makan semangka selama beberapa bulan. Lebih baik aman daripada menyesal!

6. Kelelahan
Fungsi ginjal yang lemah mengurangi pemurnian dan ekskresi zat berbahaya dari tubuh, yang menyebabkan pembengkakan kaki. Konsumsi semangka yang berlebihan bisa meningkatkan kuantitas air dalam tubuh. Jika kelebihan air tidak dikeluarkan dari tubuh, maka bisa mengakibatkan kenaikan volume darah. Hal ini mungkin akan memperburuk pembengkakan dan juga menyebabkan kelelahan.