Minggu, 26 November 2017 14:51 WITA

Paparan Polusi Bisa Membuat Sperma Lemah

Editor: Suriawati
Paparan Polusi Bisa Membuat Sperma Lemah
Foto: Shutterstock

RAKYATKU.COM - Udara yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil, menurut sebuah studi baru yang dilakukan di China.

Menurut peneliti, partikel mikroskopik di udara yang disebut partikulat, atau PM2.5, dapat mempengaruhi kualitas sperma, yang pada gilirannya dapat menyulitkan untuk membuahi sel telur wanita.

PM2.5 merupakan singkatan dari partikulat dengan diameter 2,5 mikrometer atau kurang. Itu sekitar 3 persen dari diameter rambut manusia.

"Polusi udara dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam bentuk dan ukuran sperma normal, yang dapat mengakibatkan ketidaksuburan," kata pemimpin peneliti Xiang Qian Lao. Dia adalah asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Perawatan Primer di Universitas China Hong Kong.

Namun, Lao menegaskan bahwa penelitiannya tidak dapat membuktikan bahwa PM2.5 menyebabkan kerusakan pada sperma, hanya saja keduanya terkait.

"Anda tidak dapat menyimpulkan bahwa ini adalah hubungan kausal, namun bukti yang ada dari toksikologi dan penelitian lain mendukung bahwa hubungan tersebut berpotensi menimbulkan kausal," katanya.

Lao mengatakan bahwa ia tidak tahu persis bagaimana polusi udara mempengaruhi sperma. Namun ia mengatakan bahwa komponen partikel halus, seperti logam berat dan hidrokarbon aromatik polycyclic, telah dikaitkan dengan kerusakan sperma pada penelitian eksperimental.

Laporan tersebut dipublikasikan pada 21 November di jurnal Occupational & Environmental Medicine.