Minggu, 26 November 2017 09:36 WITA

Berpikir 2 Kali untuk Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat!

Editor: Suriawati
Berpikir 2 Kali untuk Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat!
INT

RAKYATKU.COM - Jika sebuah lalat mendarat di atas makanan, beberapa orang mungkin hanya akan mengusir serangga tersebut, dan tetap melanjutkan menyantap makananya.

Tapi sebenarnya Anda tidak boleh memakan makanan yang telah dihinggapi lalat, meskipun itu hanya sepersekian detik. Itu karena serangga ini membawa lebih banyak penyakit daripada yang diperkirakan sebelumnya, menurut sebuah penelitian.

Peneliti dari Pennsylvania State University, Nanyang Technological University Singapura dan Universitas Federal Rio de Janeiro menemukan bahwa kaki dan sayap lalat penuh dengan ratusan spesies bakteri yang berbeda, yang didapat saat mereka mendarat di bangkai atau kotoran.

Selanjutnya, bakteri itu bisa dengan mudah ditransfer ke makanan saat lalat mendarat. Faktanya, kaki mereka menyebarkan mikro organisme paling banyak.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, tim peneliti mempelajari mikro organisme dari 116 lalat dari tiga benua yang berbeda.

Berpikir 2 Kali untuk Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat!Studi yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, menemukan bahwa dalam beberapa kasus, lalat membawa ratusan spesies bakteri yang berbeda, banyak di antaranya berbahaya bagi manusia. Ini termasuk Helicobacter pylori, patogen yang sering menyebabkan borok di usus.

Lalat yang tinggal di kota ditemukan membawa lebih banyak kuman daripada di daerah pedesaan.

Profesor Donald Bryant, dari Penn State mengatakan "(Studi ini) benar-benar akan membuat Anda berpikir dua kali untuk makan salad kentang yang telah hinggap di piring Anda."