Minggu, 26 November 2017 06:00 WITA

Para Pria! Waspada Penyebab Mandul Ini

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Para Pria! Waspada Penyebab Mandul Ini
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Meskipun memiliki wajah tampan, pasangan yang cantik, dan harta yang melimpah, banyak pria yang mengaku ada yang kurang dari hidupnya gara-gara tidak memiliki anak. Sebagian pria memang mengalami gangguan kesuburan atau yang kita sebut sebagai kemandulan. 

Tak disangka, penyebab mandul pada pria ini seringkali adalah berbagai kebiasaan yang dilakukan oleh pria itu sendiri. Apa sajakah kebiasaan tersebut? Berikut seperti diulas doktersehat.com.

Salah memakai celana dalam
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Child Health and Human Development menyebutkan bahwa ada kaitan erat antara pakaian dalam dan kualitas sperma pria. Dalam penelitian yang dilakukan pada 500 pria selama 1 tahun ini, disebutkan bahwa pria yang memakai celana dalam siang dan malam akan meningkatkan resiko terkena kerusakan sperma hingga 75 persen jika dibandingkan dengan pengguna celana dalam boxer di siang hari dan tidak memakainya di malam hari.

Malas berolahraga
Mereka yang malas berolahraga dan meningkatkan indeks massa tubuhnya hingga angka 30 atau lebih tinggi akan cenderung memiliki jumlah sperma yang rendah, sperma yang lebih malas bergerak, dan kemungkinan memilliki cacat sperma. Karena alasan inilah pria sebaiknya rajin berolahraga dan menjaga berat badannya tetap ideal.

Suhu panas
Mereka yang kerap mandi air hangat atau berada di sauna ternyata akan meningkatkan suhu pada buah zakar, tempat dimana produksi sperma dilangsungkan. Yang menjadi masalah adalah, peningkatan suhu pada bagian tubuh ini akan menurunkan kualitas sperma dengan signifikan. Hal yang sama terjadi jika kita kerap memangku laptop yang memang bisa membuat suhu pada organ vital menghangat.

Kebanyakan menonton TV
Sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa pria yang menonton televisi 5 jam atau lebih dalam sehari akan memiliki konsentrasi sperma 29 persen lebih rendah dan jumlah sperma 34 persen lebih rendah dari mereka yang tidak menonton televisi.

Stress
Stress akan membuat produksi testosteron terhambat dan akhirnya menurunkan kualitas sekaligus kuantitas produksi sperma. Tak hanya itu, stress juga akan menurunkan libido dan gairah seksual dengan signifikan.

Kurang tidur
Pria yang tidur kurang dari 6,5 jam setiap hari akan menurunkan kualitas spermanya hingga 30 persen.

Kebanyakan memakai gadget
Pria yang suka menyimpan ponsel pada kantong celananya akan cenderung meningkatkan paparan radiasi pada organ vital yang akan mempengaruhi kualitas sperma.

Berbagai kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pria jika mereka masih belum menikah dan ingin mendapatkan keturunan.