Sabtu, 25 November 2017 23:01 WITA

Kapan Saatnya Memakai Kacamata Minus?

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Kapan Saatnya Memakai Kacamata Minus?
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu masalah kesehatan mata yang cukup banyak diderita oleh banyak orang, khususnya anak-anak, remaja, atau orang dewasa muda adalah miopia atau rabun jauh. Penyebab dari banyaknya penderita rabun jauh ini seringkali adalah cara membaca yang kurang sehat dan penggunaan gadget yang berlebihan.

Kondisi rabun jauh ini membuat penderitanya kesulitan untuk melihat benda-benda dalam jarak yang cukup jauh. Hanya saja, sebagian orang yang setelah diperiksa kondisi matanya memiliki minus yang masih sedikit cenderung malas memakai kacamata karena menganggapnya tidak perlu menggunakannya. Sebenarnya, apakah minus yang sedikit sudah perlu memakai kacamata?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun minusnya masih sedikit, ada baiknya kacamata tetap dipakai demi mengoptimalkan jarak pandangnya. Jika tidak memakainya, maka dikhawatirkan kita akan kesulitan untuk melihat benda dari jarak yang jauh. Sebagai contoh, saat kita berkendara, tentu ada resiko tersendiri jika kita kesulitan melihat kendaraan lain dari jarak yang jauh.

Dampak lain jika kita tidak memakai kacamata karena memiliki minus yang masih sedikit adalah konsekuensi jangka panjang dari hal ini. Sebagai contoh, jika anak-anak tidak memakai kacamata, dikhawatirkan mereka kesulitan melihat penjelasan di papan tulis yang tentu akan membuat mereka kesulitan untuk menyerap pengetahuan.

Banyak orang yang berkata bahwa memakai kacamata akan membuat minus bertambah. Padahal, pakar kesehatan menyebut anggapan ini hanyalah mitos belaka. Memakai kacamata bisa membantu penderita rabun jauh untuk melihat dengan lebih jelas, bukannya membuatnya menjadi semakin parah. Jika kita kurang percaya diri dengan kacamata, pilihlah bingkai yang menarik dan nyaman untuk digunakan sehingga kacamata justru bisa membuat penampilan menjadi lebih baik.