Sabtu, 25 November 2017 15:50 WITA

Pria Perlu Tahu! Berikut Gejala Awal Kanker Testis

Editor: Suriawati
Pria Perlu Tahu! Berikut Gejala Awal Kanker Testis
INT

RAKYATKU.COM - Kanker testis merupakan penyakit yang mempengaruhi testis pria. Ini adalah bagian dari kelenjar reproduksi yang berfungsi menghasilkan dan menyimpan sperma, serta menghasilkan hormon testosteron.

Mengenali gejala awal kanker merupakan kunci untuk mendiagnosa penyakit ini dan merawatnya sebelum berkembang menjadi akut.

Seringkali, benjolan kecil pada testis atau testis yang membesar adalah gejala pertamanya. Intinya, setiap pembesaran, benjolan, atau nyeri pada testis harus dievaluasi sesegera mungkin. Berikut beberapa gejala awal kanker testis:

1. Sakit punggung dan sakit perut
Sakit perut atau nyeri pada bagian tubuh lainnya seperti punggung bisa menjadi salah satu gejala kanker testis stadium lanjut. 

Pria Perlu Tahu! Berikut Gejala Awal Kanker Testis2. Benjolan tidak nyeri
Benjolan yang tidak menyakitkan di testis adalah salah satu gejala kanker testis. Besarnya bisa seukuran marmer atau kacang polong, namun bisa juga tumbuh lebih besar dari itu.

3. Nyeri pada skrotum
Rasa sakit atau nyeri di skrotum adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan. Inilah salah satu gejala awal kanker testis.

4. Puting membesar
Pria dengan gejala kanker testis mungkin akan melihat perubahan pada putingnya. Itu karena tumor di testis dapat menghasilkan protein yang bisa menyebabkan reaksi pada puting pada pria.

Pria Perlu Tahu! Berikut Gejala Awal Kanker Testis5. Bengkak
Salah satu gejala awal kanker testis adalah perubahan bentuk testis. Selanjutnya, jika Anda melihat beberapa pembengkakan yang tidak biasa di testis, Anda harus menemui dokter.

6. Gumpalan darah
Sesak nafas dan pembengkakan kaki akibat bekuan darah bisa jadi gejala terkait. Bekuan darah di pembuluh darah disebut DVT atau deep venous thrombosis. Bagi beberapa pria, memiliki bekuan darah bisa menjadi salah satu gejala awal kanker testis.

7. Infeksi
Infeksi testis disebut orkitis. Jika Anda terkena infeksi pada testis, maka Anda harus segera memeriksanya lebih awal.