Sabtu, 25 November 2017 12:12 WITA

Robot Kecil ini Bisa Jangkau Semua Organ Tubuh dan Obati Kanker

Editor: Suriawati
Robot Kecil ini Bisa Jangkau Semua Organ Tubuh dan Obati Kanker
SWNS via Dailymail

RAKYATKU.COM - Ilmuwan telah menciptakan sebuah robot kecil yang diklaim bisa menyelamatkan nyawa dengan memasuki bagian tubuh yang sulit dijangkau. Mesin 'biohybrid' kecil ini memiliki ukuran sepersejuta meter, atau kira-kira seukuran sel darah merah. 

Selama tes awal, robot dipandu secara magnetis ke tempat-tempat tertentu di perut tikus, di mana mereka membunuh tumor kanker, dan tidak mempengaruhi sel sehat. Para ilmuawan berharap teknik yang sama bisa digunakan pada manusia untuk mengantarkan obat ke organ tubuh yang sulit dijangkau.

Robot tersebut diproduksi oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Chinese University of Hong Kong.

Dr Qi Zhou, salah satu penulis penelitian tersebut, mengatakan bahwa robot kecil ini bisa dioperasikan dari jarak jauh dan dapat digunakan dengan berbagai cara, termasuk mendiagnosis penyakit, dan memberikan terapi ke bagian tubuh yang sulit diobati. 

Robot Kecil ini Bisa Jangkau Semua Organ Tubuh dan Obati KankerDr Zhou menambahkan bahwa robot itu juga bisa merasakan perubahan kimia yang terkait dengan timbulnya penyakit di dalam bagian tubuh. Hal ini membuat mereka berpotensi berguna sebagai alat untuk diagnosis jarak jauh.

Tim mengembangkan robot mikro ini dengan melapisi alga mikroskopik yang disebut Spirulina platensis dengan partikel magnetik biokompatibel yang tidak berbahaya. Perangkat ini dapat berenang dengan lancar dalam cairan biologis, seperti darah encer, cairan lambung, air kencing dan bahkan minyak kacang.

Waktu yang dibutuhkan agar robot berfungsi dan terurai dalam tubuh bisa disesuaikan dengan menyesuaikan ketebalan lapisan buatannya.