Sabtu, 25 November 2017 02:31 WITA

Dampak Merokok Bagi Wanita Ternyata Lebih Buruk Dari Pria

Editor: Adil Patawai Anar
Dampak Merokok Bagi Wanita Ternyata Lebih Buruk Dari Pria

RAKYATKU.COM - Rokok telah menjadi barang yang kerap dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja juga banyak yang mengkonsumsinya.

Yang menjadi masalah adalah, jika dulu rokok identik dengan benda yang dikonsumsi oleh pria karena bisa menunjukkan sisi kejantanannya, kini semakin banyak wanita yang juga ikut menghisap rokok karena alasan pergaulan.

Meskipun telah banyak peringatan tentang bahaya dan dampak buruk dari merokok, termasuk pada bungkusnya, tetap saja para pecandu rokok dengan enteng menghisapnya. Padalah, dampak dari kebiasaan merokok tidak main-main, yakni bisa memicu datangnya penyakit jantung, stroke, kanker, gangguan paru-paru, hingga gangguan kesuburan atau seksualitas.

Bagi kaum wanita yang hobi merokok, dampak buruk dari kebiasaan ini ternyata bisa jauh lebih parah. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan wanita bisa mengalami depresi, beberapa jenis penyakit, serta keguguran atau gangguan kehamilan lainnya saat hamil. Tak harus menjadi perokok, dampak ini bahkan kerap didapatkan oleh mereka yang menjadi perokok pasif karena orang-orang di sekitarnya hobi merokok.

Menurut Health in Harmony, kebiasaan merokok dalam jangka panjang akan membuat wanita lebih banyak terpapar nikotin. Yang menjadi masalah adalah, pengaruh nikotin ini akan meningkatkan resiko terkena depresi. Padahal, depresi tak hanya akan memicu gangguan kesehatan mental, hal ini juga akan membuat mereka rentan untuk terkena masalah kesehatan fisik yang berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang wanita jauh-jauh dari asap rokok.