Minggu, 19 November 2017 19:29 WITA

Mari Bantu Dg Pa'ja, Pengidap Tumor Ganas di Gowa!

Editor: Almaliki
Mari Bantu Dg Pa'ja, Pengidap Tumor Ganas di Gowa!

RAKYATKU.COM, GOWA - Daeng Pa'ja (55 tahun) warga Dusun Te'ne Pa'mai Desa Paraikatte Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, divonis oleh dokter mengidap penyakit tumor ganas di lengannya.

Kepada Rakyatku.com, Minggu (19/11/2017), Daeng Pa'ja menceritakan awalnya ia mengalami sakit ganas tersebut sejak tiga tahun lalu. Awalnya ia jatuh dari rumah, hingga mengalami keseleo di bagian lengannya.

"Itu hari saya terjatuh, sudah itu saya suruh urut, sempat membaik, namun setelah tiga bulan diurut, penyakit ini datang," kata Denga Pa'ja yang tubuhnya dibalut sarung karena sudah tidak bisa lagi pakai baju.

Lebih detail, setelah diurut selama tiga bulan, lengan kanan miliknya semakin membesar. Ia pun mengobati sakitnya itu di RS Syekh Yusuf dan RS Siloam Makassar, untuk memastikan penyakit yang ia derita.

"Hasilnya, saya divonis menderita tumor ganas. Saya disarankan untuk potong lengan (amputasi) karena ditakutkan menjalar ke paru-paru, tapi saya tidak mau, karena tidak ada mi itu lenganku kalau diamputasi," ujar Daeng Pa'ja.

Lama-lama, muncul lagi benjolan lain di bagian bahunya seperti biji kelereng, benjolan itupun mulai membesar hingga, dan membuatnya susah makan.

Mari Bantu Dg Pa'ja, Pengidap Tumor Ganas di Gowa!

"Tanganku sudah besar, tak lama juga di bagian bahu kanan dekat leher, ada benjolan kecil hingga membesar. Tapi saya tidak periksa, karena saya pikir tidak apa-apa ji," kata Daeng Pa'ja. 

Setelah tiga tahun menderita penyakit ganas tersebut, Daeng Pa'ja berharap ingin sembuh namun, ia tidak punya biaya untuk berobat. Suaminya, Daeng Itung, berharap ada bantuan dari pemerintah.

"Kalau bisa kami minta bantuan. Karena kalau ada uang, mungkin tidak begini kondisinya sekarang. Mungkin istriku ini sudah sembuh," harap Daeng Itung. 

Kini Daeng Pa'ja bersama suaminya tinggal di atas rumah panggung berukuran 4x6 meter yang terbuat dari kayu dan berdinding anyaman bambu.