Sabtu, 18 November 2017 07:47 WITA

Zat yang Bikin Nanas Gatal Saat Dimakan Ternyata Baik untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Zat yang Bikin Nanas Gatal Saat Dimakan Ternyata Baik untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Nanas merupakan salah satu buah lezat dan mengandung banyak nutrisi. Sayangnya, menikmati buah ini kadang menyebabkan ketidaknyamanan karena bisa meninggalkan efek gatal di lidah.

Sebenarnya, penyebab gatal itu adalah enzim alami yang disebut bromelain. Ini bekerja memecah protein dalam tubuh, termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam.

Namun, ini tidak akan menyebabkan masalah bagi kesehatan. Setelah nanas tertelan, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralisir bromelain dan memproduksi kembali protein dan asam amino dalam tubuh. Hal ini akan membuat sesasi gatal yang Anda rasakan tidak akan bertahan lama.

Zat yang Bikin Nanas Gatal Saat Dimakan Ternyata Baik untuk KesehatanDi sisi lain, enzim bromelain sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Ini memiliki sifat antiperadangan yang berperan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi bakteri, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik.

loading...

Sifat anti peradangan bromelain juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Selain itu, enzim bromelain yang bekerja cepat memecah protein dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual setelah makan.

Loading...
Loading...