Kamis, 16 November 2017 23:17 WITA

Saat Demam Tidak Boleh Mandi? Begini Kata Dokter

Editor: Adil Patawai Anar
Saat Demam Tidak Boleh Mandi? Begini Kata Dokter

RAKYATKU.COM – Cukup banyak orang yang sedang demam atau menggigil yang mengaku khawatir untuk mandi karena berpikir jika hal ini akan membuat kondisi demamnya menjadi semakin parah. Sebenarnya, bolehkah kita mandi saat sedang sakit demam?

Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan dr. Hepi Novlina yang berasal dari Puskesmas Babadan, Indramayu, menyebutkan bahwa saat sedang terkena demam, kita masih boleh untuk mandi. Tidak ada larangan orang yang sakit untuk mandi karena justru kita harus rajin menjaga kebersihan tubuh. Meskipun memang akan terasa kurang nyaman, mandi saat demam tidak akan mempengaruhi sakit demam yang sedang kita derita.

Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak mandi dengan air dingin saat demam karena jika kita melakukannya, kita justru akan beresiko mengalami tubuh menggigil. Mandi dengan air dingin akan membuat tubuh yang bersuhu hangat merasakan perubahan suhu yang ekstrem sehingga akan membuat sensasi menggigil tersebut. Ada baiknya kita mandi dengan air hangat saja yang akan membuat kondisi tubuh lebih segar dan nyaman. Dr. Hepi sendiri sangat merekomendasikan penggunaan air yang memiliki suhu yang setara dengan suhu tubuh agar lebih nyaman dipakai untuk mandi bagi penderita demam.

Jika ada penderita demam yang mengaku sangat khawatir untuk mandi sehingga memilih untuk menyeka tubuhnya dengan kain basah, dr. Hepi menyebutkan bahwa hal ini sebenarnya boleh-boleh saja untuk dilakukan. Hanya saja, bagi sebagian orang, menyeka tubuh dengan kain basah masih tidak cukup untuk memberikan sensasi bersih dan akhirnya membuat beberapa bagian tubuh terasa lengket.

Tak hanya mandi, mereka yang demam sebaiknya segera mengganti pakaian jika tubuhnya basah karena banyak berkeringat. Jika tidak segera mengganti pakaian yang basah, dikhawatirkan demam justru tidak akan segera sembuh.