Kamis, 16 November 2017 12:05 WITA

Waspada! Bentuk Mr. P Bengkok Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Editor: Suriawati
Waspada! Bentuk Mr. P Bengkok Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius
INT

RAKYATKU.COM - Bentuk alat kelamin pria bisa berubah menjadi melengkung seiring bertambahnya usia. Namun, ini tidak bisa diabaikan karena itu juga bisa menjadi pertanda penyakit serius, yang dikenal sebagai Peyronie.

Penyakit Peyronie adalah kondisi ketika bentuk penis tampak membengkok, umumnya ke atas atau ke samping, akibat pembentukan plak fibrosa. Hal ini bisa disebabkan oleh cedera penis berulang saat berhubungan seks atau beraktivitas fisik.

Lebih lanjut, penelitian terbaru daru Texas mengungkapkan bahwa Peyronie bahkan bisa meningkatkan risiko kanker.

Penelitian yang melibatkan 1,5 juta pria tersebut menemukan bahwa penyakit Peyronie membawa risiko kanker testis sebesar 40 persen, melanoma sebesar 29 persen dan kanker perut sebesar 40 persen.

Untuk itu, tim dari Baylor College di Houston menyarankan agar pria yang memiliki ukuran kelamin bengkok atau menderita Peyronie, agar dimonitor secara ketat untuk mendeteksi perkembangan sel kanker lebih awal. 

Dr Alexander Pastuszak, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan, "Meskipun mereka signifikan dalam siklus kehidupan seksual dan reproduksi pasien, menghubungkannya dengan gangguan lain menunjukkan bahwa orang-orang ini harus dipantau untuk pengembangan gangguan ini."

Tags