Kamis, 16 November 2017 07:00 WITA

Banyak Minum Saat Sakit Bisa Cepat Sembuh?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Banyak Minum Saat Sakit Bisa Cepat Sembuh?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang menyarankan orang yang sedang dalam kondisi jatuh sakit untuk memperbanyak asupan air  minum. Banyak minum air putih disebut-sebut bisa membuat tubuh lebih cepat sembuh. 

Sebenarnya, apakah memang banyak minum memang bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit?

Jurnal kesehatan berjudul BMJ Case Reports melaporkan sebuah kasus yang berkaitan dengan anjuran banyak minum bagi orang yang sakit ini. Dalam laporan ini, terdapat seseorang yang akhirnya dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat di Royal London Hospital gara-gara menuruti anjuran untuk banyak minum air saat sedang menderita infeksi saluran kemih. 

Pasien ini mengalami gejala seperti tubuh yang menggigil, mual-mual, muntah, dan sulit berbicara. Setelah diperiksa, ternyata pasien ini mengalami kondisi yang disebut sebagai hyponatremia atau penurunan kadar natrium dalam darah denga nsignifikan yang disebabkan oleh terlalu banyak minum air.

Dilansir Doktersehat, tujuan dari menyarankan penderita infeksi saluran kemih ini untuk banyak minum sangatlah baik, yakni membuat proses pembuangan racun dengan cara buang air kecil bisa lebih sering terjadi. 

Sayangnya, hal ini membuat kadar natrium dalam tubuhnya turun drastis hingga hanya 123 mmol/L, jauh lebih rendah dari kadar natrium yang normal yakni 135-145 mmol/L. Pasien ini pun akhirnya dibatasi asupan air minumnya dan kondisi kesehatannya kemudian semakin membaik.

Banyak minum memang baik untuk kesehatan. Namun, jika kita terlalu banyak minum, hal ini juga akan memberikan kerugian tersendiri karena akan membuat ginjal bekerja dengan lebih keras. 

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mengkonsumsi air minum dengan cukup saja agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik sehingga semua sistem di dalamnya bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, rutinlah minum obat dan banyak beristirahat agar tubuh lebih cepat sembuh.