Selasa, 14 November 2017 20:07 WITA

Makan Kacang Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Editor: Suriawati
Makan Kacang Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
INT

RAKYATKU.COM - Penelitian terbaru di Amerika menemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kacang tanah, kenari, kacang mete dan kacang lainnya memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah.

"Temuan ini mendukung rekomendasi untuk meningkatkan asupan berbagai jenis kacang, sebagai bagian dari pola diet sehat, untuk mengurangi risiko penyakit kronis," kata penulis studi Marta Guasch-Ferre. Dia adalah seorang peneliti di departemen nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 210.000 orang dewasa AS yang dilacak selama 32 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan kenari satu atau beberapa kali seminggu memiliki sekitar 20 persen lebih rendah risiko penyakit jantung. Mereka yang makan kacang tanah dua kali atau lebih per minggu memiliki risiko sekitar 14 persen lebih rendah, dan mereka yang makan kacang pohon - seperti kacang almond, atau kacang mede memiliki risiko 15 sampai 23 persen lebih rendah.

Makan Kacang Bisa Mengurangi Risiko Penyakit JantungPara peneliti tidak menemukan kaitan antara konsumsi kacang total dan risiko stroke, namun mereka menemukan bahwa orang yang makan kacang dan kenari, pada khususnya, memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

Namun, salah satu ahli yang mengkaji temuan tersebut menekankan bahwa penelitian tersebut hanya dapat menunjuk sebuah asosiasi, bukan hubungan sebab-akibat.

"Harus diakui bahwa orang-orang yang memasukkan lebih banyak kacang ke dalam makanan mereka mungkin mencerminkan mereka yang membuat pilihan gaya hidup lebih baik secara keseluruhan," kata Dr. Benjamin Hirsch, dari Sandra Atlas Bass Heart Hospital di Manhasset, NY.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology.