Senin, 13 November 2017 07:20 WITA

Ini yang Terjadi Pada Paru-paru Jika Anda Nonton TV Terlalu Lama

Editor: Suriawati
Ini yang Terjadi Pada Paru-paru Jika Anda Nonton TV Terlalu Lama
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu lama menonton TV dapat menyebabkan emboli paru. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika ada gumpalan darah yang menghambat pembuluh darah dalam paru-paru.

Penelitian yang dilakukan di Jepang ini melibatkan 86.024 peserta yang terdiri 36.006 pria dan 50.018 perempuan. Mereka diminta untuk menghabiskan waktu menonton televisi selama berjam-jam per hari.

Mereka kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu menonton 2,5 jam, lebih dari 2,5 jam, dan menonton lebih dari 5 jam. Hasilnya mengungkapkan bahwa kematian akibat emboli paru banyak dialami oleh peserta penelitian yang menonton TV lebih dari 2,5 jam per hari.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungan paru-paru dengan nonton TV? Ternyata, kebiasaan ini bisa menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, sehingga berujung pada penggumpalan darah. Pada akhirnya, darah yang menggumpal akan mengalir balik ke jantung, kemudian masuk ke pembuluh paru. Dalam kasus ekstrim, emboli paru bisa menyebabkan kematian.