Senin, 13 November 2017 06:30 WITA

Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal biasanya melakukan diet dan olahraga secara rutin. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga maupun diet?

Dilansir klikdokter, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga dan diet:

1. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan lebih lambat dikaitkan dengan penurunan porsi makan yang lebih kecil.

Sebuah tinjauan terhadap 23 penelitian observasional melaporkan bahwa mereka yang makan lebih cepat cenderung mengalami pertambahan berat badan dibandingkan dengan mereka yang makan secara perlahan.

2. Atur porsi makan

Menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu Anda makan lebih sedikit. Jika Anda kurang nyaman, gunakan piring kecil ini untuk sajian yang kurang sehat, sementara piring yang besar Anda gunakan untuk mengisi sajian makanan yang sehat.

3. Konsumsi banyak protein

Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Beberapa contoh makanan kaya protein, yakni dada ayam, ikan, yoghurt, kacang lentil, dan kacang almon.

4. Konsumsi makanan berserat

Makanan yang kaya serat bisa membuat cepat kenyang, sekaligus membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa serat khusus – yang disebut serat kental– sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Serat jenis ini dapat Anda temukan di sereal gandum, asparagus, jeruk, kacang-kacangan, dan biji rami.

5. Cukup tidur

Tidur dengan kualitas yang baik memiliki pengaruh yang besar pada selera makan dan berat badan seseorang. Ini karena kurang tidur bisa menganggu hormon pengatur nafsu makan dan memicu produksi hormon pencetus stres, yang pada akhirnya meningkatkan risiko obesitas dan diabetes melitus tipe 2.

6. Sering minum air putih

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang minum 0,5 liter air putih setengah jam sebelum makan mengalami penurunan berat badan sekitar 44% dalam waktu 12 minggu.
 

 

Tags