Minggu, 12 November 2017 14:59 WITA

Baru 10 Bulan Berat Balita ini Sudah 28Kg, Dokter pun Dibuat Bingung

Editor: Suriawati
Baru 10 Bulan Berat Balita ini Sudah 28Kg, Dokter pun Dibuat Bingung
Luis Manuel Gonzales (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - Seorang balita berusia 10 bulan dari Meksiko membuat bingung para dokter karena memiliki berat badan 28kg, jauh melampaui anak seusianya.

Ketika lahir, Luis Manuel Gonzales memiliki berat normal, yaitu 3,5kg. Tapi, pada usia dua bulan, Luis mulai mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berat 10kg. Selama delapan bulan berikutnya ia mendapatkan bobot tambahan 18 kg. Dokter yang telah memeriksanya tidak bisa menyimpulkan mengapa Luis begitu besar.

Tapi ibunya, Isabel Pantoja mengatakan bahwa itu mungkin dipengaruhi oleh air susunya. "Saya pikir itu karena saya memiliki ASI yang baik," katanya.

Saat ini, dokter berasumsi bahwa anak ini mungkin menderita penyakit yang disebut Prader-Willi Syndrome, sebuah kondisi genetik dimana anak-anak memiliki nafsu makan dan otot otot yang tak terpuaskan. Kelainan ini juga bisa menyebabkan masalah jantung dan keterlambatan perkembangan otak dan alat kelamin.

Baru 10 Bulan Berat Balita ini Sudah 28Kg, Dokter pun Dibuat BingungNamun ada juga yang berpendapat bahwa saat hamil, Isabel mungkin kekurangan nutrisi tertentu sehingga menyebabkan metabolisme anaknya kurang baik.

Jika ternyata demikian, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan suntikan hormon. Tapi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk satu kali suntik, keluarga Luis harus membayar $ 555 (Rp7,5 juta). Tapi ayahnya tidak mampu membayar, karena penghasilannya hanya $200 (Rp2,7 juta) per bulan.

Sekarang, keluarga ini telah menjalankan halaman Facebook untuk meminta bantuan dan membuka rekening bank sehingga orang-orang bisa memberikan sumbangan uang.