Sabtu, 11 November 2017 19:51 WITA

Cara Minum Kopi agar Tak Picu Asam Lambung

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Minum Kopi agar Tak Picu Asam Lambung
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Perdebatan tentang apakah kopi termasuk dalam minuman yang menyehatkan atau tidak masih berlangsung di masyarakat. Meskipun telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat sehat dari kopi. 

Pakar kesehatan, dr. Annisa Malveny mengatakan, kopi bisa memberikan manfaat sebagai stimulan yang mampu meningkatkan daya kerja otak, mengatasi kantuk, hingga meningkatkan ketahanan fisik. Karena alasan inilah banyak orang sengaja mengkonsumsinya di pagi hari atau di tempat kerja. 

Hanya saja, jika dikonsumsi dengan berlebihan, kopi juga bisa memberikan efek seperti datangnya insomnia atau susah tidur, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, gangguan menstruasi, dehidrasi, dan asam urat. Tak hanya itu, kebiasaan masyarakat tanah air yang menambahkan gula pada minuman ini membuatnya berpotensi memicu kenaikan berat badan.

Demi mencegah datangnya efek samping karena mengkonsumsi kopi ini, ada baiknya kita membatasi konsumsinya di bawah 3 gelas dalam sehari. Anjuran ini berdasarkan dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa batasan aman mengkonsumsi kafein per hari adalah sekitar 300 hingga 400 miligram. 

Dilansir doktersehat, dalam segelas kopi kafeinnya bisa mencapai 100 miligram. Karena alasan inilah ada baiknya kita meminumnya tidak sampai 3 gelas saja.

Tak hanya membatasi asupan kopi, ada baiknya kita juga mengkonsumsi minuman ini saat perut sudah diisi dengan makanan dan dilakukan setidaknya 1 jam setelah makan. Dengan melakukannya, maka kita bisa mencegah datangnya masalah asam lambung.
 

Tags