Sabtu, 11 November 2017 05:30 WITA

Penyebab Remaja Tidur Larut dan Bangun Siang

Editor: Almaliki
Penyebab Remaja Tidur Larut dan Bangun Siang

RAKYATKU.COM - Banyak remaja cenderung suka tidur larut malam, dan bangun siang hari. Meski terlihat wajar terjadi pada mereka yang masih berada di usia mencari jati diri ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan itu disebabkan oleh adanya kondisi khusus pada otak. Bagaimana maksudnya?

Pada otak sebagian besar anak remaja, terdapat kondisi yang memicu kerusakan koneksi dan terganggunya ritme pada otak. Hal itu akhirnya mengganggu jam tidur, dan membuat mereka cenderung tidur sangat larut dan terbangun sangat siang.

Penyebab dari kondisi yang memicu kerusakan koneksi pada otak ini, adalah sekresi hormon melatonin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal dan mengendalikan pola tidur, yang ternyata tidak benar-benar terjadi pada otak, hingga sekitar jam 11 malam.

Karena tidak ada hormon yang mengendalikan pola tidur, maka anak remaja pun akan tetap terjaga hingga larut malam. Diperkirakan, kondisi seperti itu bisa berlangsung hingga usianya mencapai 20 tahun.

Selain itu, masalah kondisi anak remaja yang cenderung tidur larut malam ini, akhirnya mengantuk saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Sebagai bocoran, sebagian remaja yang terbiasa merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang, juga cenderung mudah mengalami depresi serta sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Jadi, ada baiknya remaja menghindari berbagai hal buruk tersebut demi mencegah semakin memburuknya pola tidur.