Jumat, 10 November 2017 17:02 WITA

Ini yang Terjadi Jika Anda Bekerja Dengan Perut Kosong

Editor: Adil Patawai Anar
Ini yang Terjadi Jika Anda Bekerja Dengan Perut Kosong

RAKYATKU.COM – Karena tidak sempat memasak makanan di pagi hari, cukup banyak orang yang sengaja melewatkan sarapan agar tidak terjebak kemacetan dan bisa mencapai tempat kerja tepat waktu. Alhasil, mereka pun harus bekerja dengan kondisi perut masih kosong hingga jam makan siang. Sebenarnya, apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan?

Dilansir doktersehat.com, sebuah penelitian pun dilakukan di kota Chennai, Kochi, dan New Delhi, India, selama seminggu untuk mengetahui dampak bekerja dengan kondisi perut masih kosong. Hasilnya adalah, kondisi ini membuat pekerja cenderung mudah marah, tidak sabar, dan sulit untuk mendapatkan konsentrasi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Snickers Mars Wrigley Confectionery ini, kebanyakan pekerja diketahui memang mengalami perubahan perilaku yang sangat signifikan saat lapar. 
Bahkan, cukup banyak perilaku yang sulit diprediksi saat perut masih dalam kondisi lapar. Sebagai contoh, saat perut kosong dan lapar, otak justru akan mengarahkan pikiran untuk melakukan banyak hal sekaligus yang akhirnya membuat para pekerja kebingungan, lamban, dan semakin tidak bersemangat untuk bekerja.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu mengkonsumsi sarapan di pagi hari agar tidak merasa lapar hingga jam makan siang. Dengan perut yang kenyang, maka kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktifitas dan bisa berkonsentrasi dengan lebih baik.

Hanya saja, pastikan untuk mendapatkan asupan makanan yang bergizi karena jika kita mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak karbohidrat dan kurang serat, maka bisa jadi tubuh akan mudah lemas sebelum jam makan siang tiba. Tak hanya itu, keinginan untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat sebelum jam makan siang juga akan meningkat. Jika hal ini terjadi, kita justru akan lebih beresiko meningkatkan berat badan, bukan?