Jumat, 10 November 2017 08:01 WITA

Penjelasan Pakar Kesehatan Mengenai Micin Penyebab Kebodohan

Editor: Adil Patawai Anar
Penjelasan Pakar Kesehatan Mengenai Micin Penyebab Kebodohan

RAKYATKU.COM - Belakangan ini micin seringkali dianggap sebagai penyebab seseorang tidak bisa berpikir dengan baik. Bahkan, cukup banyak kolom komentar di media sosial yang selalu menambahkan kata “kebanyakan makan micin” pada orang-orang yang dianggap kurang cerdas atau mengemukakan komentar yang salah. Sebenarnya, apakah memang micin atau monosodium glutamate (MSG) memang bisa merusak otak atau menurunkan kecerdasan?

Dilansir doktersehat.com, dalam sebuah artikel yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Nutrition, disebutkan bahwa meskipun ada penelitian yang membuktikan bahwa MSG bisa menyebabkan kerusakan otak, namun penelitian ini memiliki kelemahan yang mendasar. 

Kelemahan pertama adalah subjek penelitian yang berupa tikus atau primata, bukannya manusia yang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, dan dengan dosis yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan yang dikonsumsi oleh manusia. Tak hanya itu, kadar MSG yang diberikan pada subjek penelitian juga disuntikkan, bukannya dikonsumsi dari makanan.

Pakar kesehatan Leona Victoria Djajadi menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa anak akan menjadi bodoh karena mengkonsumsi terlalu banyak MSG. Hanya saja, jika ada orang yang mengalami hipersensitif pada MSG sehingga mengalami gejala seperti gatal-gatal, pusing, mual, keringat dingin, atau bahkan perubahan perilaku menjadi hiperaktif atau ADHD, hal ini benar adanya.

Satu hal yang pasti, sejauh ini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan efek berbahaya MSG bagi otak. Hal ini berarti, asalkan dalam jumlah yang wajar, MSG atau micin masih aman untuk dikonsumsi sehingga orang tua tetap bisa menambahkan salah satu penyedap makanan ini pada masakannya. Hanya saja, tetap diingat bahwa MSG sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Jika mampu, memasak makanan tanpa menggunakan MSG juga akan jauh lebih baik.