Jumat, 10 November 2017 05:01 WITA

Kondisi Celana Dalam Seperti Ini Patut Diganti

Editor: Adil Patawai Anar
Kondisi Celana Dalam Seperti Ini Patut Diganti

RAKYATKU.COM – Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kita membeli celana dalam yang baru? Kebanyakan orang memakai celana dalam untuk waktu yang sangat lama, bahkan meskipun celana dalam ini sudah berlubang, karetnya rusak, atau robek.

Banyak orang yang tidak menyadari jika celana dalam bisa mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan organ vital. Berikut adalah tanda dimana kita sebaiknya segera membuang celana dalam dan menggantinya dengan yang baru.

Karetnya sudah melar
Dilansir doktershat.com, jika karet celana dalam sudah melar sehingga keelastisitasannya sudah tidak baik, ada baiknya celana dalam segera dibuang dan digantikan dengan yang baru.

Kainnya sudah bau
Jika celana dalam sudah tercium bau tidak sedap meskipun sudah dicuci dengan sabun, ada baiknya segera dibuang dan diganti dengan yang baru. Beberapa jenis celana dalam, khususnya yang berbahan polyester memang cenderung mudah berbau jika tercampur dengan keringat. Jika tak segera diganti, dikhawatirkan bisa memicu infeksi kelamin atau masalah lainnya.

Pakar kesehatan lebih menyarankan penggunaan celana dalam dari bahan katun yang menyediakan sirkulasi udara yang jauh lebih baik bagi organ vital.

Muncul bercak pada kain
Celana dalam yang sudah terlalu lama dipakai seringkali akan muncul bercak dengan warna kehitaman, kecokelatan, kekuningan, atau putih. Biasanya bercak ini muncul karena jamur atau bahan kimia lainnya yang bisa berbahaya bagi organ vital kita.

Sudah 5 tahun tidak diganti
Meskipun wujud fisiknya masih baik, jika celana dalam yang kita pakai sudah berusia lebih dari 5 tahun, ada baiknya kita segera membuangnya dan menggantinya dengan yang baru.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengganti celana dalam sekali dalam 6 bulan atau 1 tahun demi menjaga kenyamanan dan kesehatan pada organ vital.