Kamis, 09 November 2017 18:35 WITA

Bahayanya Tak Konsumsi Nasi Putih Saat Diet

Editor: Fathul Khair Akmal
Bahayanya Tak Konsumsi Nasi Putih Saat Diet
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Kebanyakan orang lebih memilih meninggalkan nasi putih atau tidak makan nasi sama sekali saat menjalani diet. Namun, cara ini justru membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tidak makan nasi bisa memicu timbulnya penyakit. Berkurangnya asupan karbohidrat bisa merugikan kesehatan. Batasi mengkonsumsi karbohidrat bukan menghindarinya.

Dikutip dari dietsehat.co.id, Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi. Karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembakaran kalori menjadi energi. Hal ini yang membuat tubuh jadi lebih kuat ketika melakukan aktivitas.

Berikut ini beberapa penyakit yang timbul karena tidak mengkonsumsi karbohidrat.

1. Jantung dan diabetes
Kadar kolesterol dapat meningkat karena kurangnya karbohidrat dan menyebabkan anda rentan mengidap penyakit jantung dan diabetes.

2. Depresi
Salah satu nutrisi otak adalah karbohidrat. Manfaat dari karbohidrat yang cukup akan membuat pikiran menjadi tenang. Kekurangan karbohidrat dapat membuat pikiran tidak tenang dan menyebabkan depresi.

3. Hipoglikemia
Akibat rendahnya kadar gula darah yang kurang karena karbohidrat  yang tidak cukup untuk memproses pembakaran kalori. Penyakit ini bisa menjangkit semua kalangan. Tanda awal dari penyakit ini adalah kulit basah, mudah marah, cepatnya detak jantung, keringat sering muncul dan cepat lapar.

4. Maramus
Terjadi pada usia anak di bawah 5 tahun. Anak sering mengalami gangguan kesehatan karena kurangnya asupan karbohidrat.

5. Kwasiorkor
Penyakit ini timbul karena kehilangan kalori. Seseorang yang mengalami penyakit ini di tandai dengan rambut mudah rontok, lemas, keriput, kurus, cepat tua meskipun umur masih muda dan wajah tampak sembab dan bulat.

6. Maramus-kwasiorkor
Penyakit ini masuk ke dalam kategori penyakit kekurangan nutrisi. Akibat kurangnya asupan karbohidrat dan protein. Mengakibatkan gangguan hati dan penyerapan protein terhambat.