Kamis, 09 November 2017 10:28 WITA

Pepsodent-Unhas Kampanye Cegah Gigi Berlubang Lewat BKGN 2017

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pepsodent-Unhas Kampanye Cegah Gigi Berlubang Lewat BKGN 2017

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pepsodent kembali menggelar kegiatan tahunan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Di Makassar, kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unhas selama tiga hari,  mulai 9 hingga 11 November, dengan menggandeng Fakultas Kedokteran Gigi (EKG) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, drg Ratu Mirah Afifah menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya Pepsodent, yang konsisten dalam menekan jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia. 

Pepsodent-Unhas Kampanye Cegah Gigi Berlubang Lewat BKGN 2017"BKGN merupakan agenda rutin tahunan kami di mana setiap tahun kami mengangkat tema untuk pesan edukatif kesehatan gigi yang berbeda. Tahun ini BKGN mengusung tema dari Gigi Berlubang dengan mengajak keluarga Indonesia memeriksakan kesehatan gigi secara teratur, serta memilih asupan camilan bertekstur dan bernutrisi seimbang, yang merupakan komitmen kami da?am memberikan perlindungan terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia,” jelasnya. 

Drg Mirah menambahkan, konsumsi camilan di Indonesia terindikasi mengalami peningkatan sebesar 4 persen setiap tahunnya. Camilan manis dan lengket seperti cokelat, pastry dan permen yang paling digemari anak-anak berisiko memunculkan permasalahan gigi berlubang. 

Pepsodent-Unhas Kampanye Cegah Gigi Berlubang Lewat BKGN 2017Mengonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah mengonsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mult turun hingga di bawah PH kritis dalam hitungan menit dan tetap rendah hingga 1 jam setelahnya. 

"Bila hal tersebut terjadi terus menerus kondisi ini menyebabkan hilangnya minera? (email) pada gigi dan mengakibatkan terjadinya gigi berlubang,” jelas drg Mirah.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, drg Bahruddin Thalib menambahkan, dalam agar gigi tetap sehat sebaiknya gunakan asupan camilan dengan makanan bertekstur seimbang yang berserat, berkadar air serta berkalsium tinggi seperti produk susu dan turunannya.

"Tekstur lembut dari ragam camilan yang marak dijumpai saat ini membuat anak kurang berlatih mengunyah, sebaliknya makanan yang berserat lebih lama dikunyah. Gerakan mengunyah merangsang aliran kelenjar ludah yang merupakan pembersih rongga menetralisasi keasaman di dalamnya. Edukasi mengenai pentingnya memilih asupan camilan yang seimbang ini semoga dapat diterima oleh masyarakat melalui rangkaian kegiatan BKGN ini," katanya. 

Pepsodent-Unhas Kampanye Cegah Gigi Berlubang Lewat BKGN 2017Lebih lanjut, drg Bahruddin menjelaskan, selama tiga hari masyarakat Makassar dan sekitarnya diberi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan, serta perawatan gigi gratis di RSGM Unhas yang berlokasi di Jalan Kandea No 5, Makassar.

"Setiap tahunnya BKGN menjadi momen untuk mengingatkan keluarga Indonesia memeriksa kesehatan gigi secara rutin. Untuk itu, kami mempersiapkan 75 tenaga kesehatan gigi yang terdiri dari para dosen dokter gigi dan dokter gigi spesialis, serta 59 tenaga dokter gigi residen dan tenaga bantuan teknis dari mahasiswa EKG Unhas, agar dapat mengakomodasi antusiasme masyarakat Makassar mendapatkan perawatan kesehatan gigi gratis melalui kegiatan BKGN yang bermanfaat ini," jelas drg Bahruddin.