Kamis, 09 November 2017 06:00 WITA

Ini Bahayanya Jika Tidur Kurang dari 6 Jam Setiap Hari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Bahayanya Jika Tidur Kurang dari 6 Jam Setiap Hari
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Jika kamu tidur kurang dari enam jam dalam sehari, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan yang satu ini. Karena kekurangan tidur memiliki dampak buruk, lebih dari yang kamu bayangkan. 

Idealnya, setiap manusia disarankan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam. Namun di antara kesibukan dan aktivitas yang padat, hal ini sulit untuk diwujudkan. Oleh karena itu, enam jam jadi batas minimal jam tidur yang harus kamu penuhi.

“Jika kamu tidur kurang dari enam jam setiap malam, kamu sungguh dalam masalah. Idealnya adalah tujuh setengah jam hingga delapan jam,” kata Lois Krahn, M.D., pakar tidur dari Mayo Clinic kepada Vogue. 

Aturan ini ditetapkan dunia medis bukannya tanpa alasan. Ada banyak penelitian yang membuktikan buruknya dampak kekurangan tidur pada manusia. 

Orang yang kekurangan tidur hingga dua jam terbukti sulit fokus pada pekerjaan. Mereka juga lebih lamban dalam mengingat sesuatu.

Kamu yang tidur kurang dari enam jam dalam semalam berisiko tinggi terkena diabetes, depresi, stroke, penyakit jantung, hingga kanker. Selain itu, lingkar pinggang kamu juga mudah melebar, alias mudah gemuk.

Saat kekurangan tidur, tanpa disadari, manusia cenderung senang mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Sinyal ini disampaikan tubuh untuk menggantikan energi yang hilang akibat kekurangan tidur. 

Ini juga menjadikan hormon jadi tidak seimbang dan sistem imun terganggu, sehingga kamu rentan terkena demam. Karena rendahnya fokus, kekurangan tidur bahkan menuntun pada hal yang jauh lebih berbahaya. 

"Berbagai studi di seluruh dunia menemukan bahwa angka kecelakaan meningkat pada minggu pertama setelah seseorang kekurangan tidur selama satu jam," ujar Krahn dilansir Kumparan.